Search This Blog

Kerjasama Metro TV dan Mercu Buana Usung Misi Tingkatkan Kualitas SDM

Metrotvnews.com, Jakarta: Kebutuhan akan sumber daya manusia yang berkualitas menjadi hal utama bagi pengembangan perusahaan media. Terutama dengan mempertimbangkan dampak buruk bagi masyarakat, bila suatu media tidak dikelola dengan SDM yang berkualitas.

"Saat ini media TV memiliki pengaruh yang lebih besar bagi masyarakat, dan merupakan bagian dari pendidikan non formal karena selalu ada setiap hari selama 24 jam. Jika tidak dikelola oleh SDM yang tidak berkualitas dan bertanggung jawab akan berbahaya," terang Vice President Director Metro TV, Suryopratomo di kantornya di Jakarta, Kamis (14/4/2016).

Dirinya mengungkapkan bahwa proses belajar di Metro TV tidak boleh berhenti, mengingat beban yang dipikul oleh setiap SDM untuk menciptakan program, informasi yang mendidik dan berkualitas bagi masyarakat. Untuk itu, peran dari lembaga pendidikan menjadi sangat penting guna menciptakan SDM terbaik dibidangnya.

"Perguruan tinggi merupakan pijakan bagi kami dalam meningkatkan kualitas SDM. Hal yang terpenting bukan hanya pendidikan formal sebab yang terpenting adalah kapasitas dari setiap orang," ujar Suryopratomo.

Dirinya melihat kerja sama tersebut menjadi penting sebab pada akhirnya sasaran utamanya bukan hanya antara Metro TV dan Mercu Buana, namun juga memberikan dampak yang lebih luas bagi masyarakat Indonesia. Nantinya Perjanjian kerja sama tersebut akan menjadi dasar dalam pengembangan kerja sama lainnya antara Mercu buana dan juga Metro TV.

Dalam kesempatan tersebut, Rektor Universitas Mercu Buana, Arissetyanto Nugroho membenarkan bahwa kebutuhan untuk peningkatan kualitas SDM sangat penting kedepannya. Untuk itu, dirinya berharap kerja sama tersebut tidak hanya terbatas pada bidang formal saja, namun juga harus bernilai tambah.

"Dunia pendidikan sering kali disalahkan dalam dua isu utama, yakni kebutuhan industri dengan kualitas lulusan tidak pas dan juga lulusan ada tidak sesuai dengan jumlah kebutuhan yang diperlukan. Misalnya saja ketika Proyek masela membutuhkan SDM yang banyak, namun bidang teknik tersebut saat ini tidak diminati," jelas Arissetyanto.

Untuk itu dirinya berharap agar ilmu-ilmu hilir dapat dikelola oleh swasta saja, sedangkan ilmu hulu yang kurang populer dapat dikelola oleh pemerintah. Sehingga diperlukan koordinasi yang lebih erat antara pemerintah dengan pihak swasta.

Lebih lanjut dirinya berharap dalam kerja sama ini tidak hanya dari sisi penambahan jumlah mahasiswanya saja, melainkan juga untuk tenaga pengajarnya. Diharapkan Metro TV dapat membantu menjembatani para mahasiswa untuk mendapatkan pengalaman belajar dalam dunia kerja secara langsung.

"Saat ini waktu untuk belajar di kampus terus di perpendek sehingga memunculkan kesenjangan antarailmu yang diajarkan dengan perkembangan dunia kerja, untuk itu perlu di atasi dengan pendekatan dari para praktisi dan ahli yang berada di lapangan," ujar Arissetyanto.

Kerja sama antara Metro TV dengan Universitas Mercu Buana sudah berlangsung sejak 2013 lalu dengan memberikan kesempatan karyawan Metro TV untuk melanjutkan pendidikan di strata satu. Dalam kerja sama di 2016 ini nantinya akan dibuka peluang untuk SDM Metro TV yang ingin melanjutkan pendidikan ke jenjang master. Kerja sama ini sendiri akan berlangsung hingga tiga tahun kedepan. (MI)
Baca Berita Asal
Kerjasama Metro TV dan Mercu Buana Usung Misi Tingkatkan Kualitas SDM
Rona Kehidupan

Bagikan Berita Ini

0 Response to "Kerjasama Metro TV dan Mercu Buana Usung Misi Tingkatkan Kualitas SDM"

Post a Comment

Powered by Blogger.