Search This Blog

Endometriosis Termasuk Jenis Kanker?

Metrotvnews.com, Jakarta: Benjolan atau jaringan asing yang tumbuh dalam tubuh kerap diidentikan sebagai kanker. Lantas, apakah endometriosis termasuk kanker?

Endometriosis merupakan sebuah kondisi dimana tumbuhnya jaringan yang serupa dengan dinding rahim (endometrium), di luar rahim (uterus). Hal ini menimbulkan reaksi peradangan yang lama sehingga menimbulkan jaringan parut.

"Tidak termasuk kanker. Tapi perkembangannya sama dengan kanker," ujar dr. Malvin Emeraldi  Sp.OG, spesialis Kebidanan & Kandungan di RSUP Fatmawati dalam seminar Waspada Endometriosis pada Kamis (14/4/2016).

Endometriosis bersifat cepat dan progresif. Namun, risiko untuk menjadi kanker sangat kecil, di bawah satu persen yang mengarah ke kanker rahim.

Kebanyakan kasus endometriosis terletak di bagian pelvis yang terletak di area pencernaan dan kemih. Benjolan biasanya akan menekan ginjal sehingga menyebabkan gangguan kesehatan di area tersebut, dari penyakit ginjal ringan hingga gagal ginjal. 

"Karena endometriosis bisa memengaruhi beberapa organ, jadi butuh banyak bidang yang mengatasi masalah ini, bagian urologi adalah yang paling sering," ujar dr. Syamsu Hudaya, Sp.U, spesialis urologi, pada kesempatan yang sama. 
Baca Berita Asal
Endometriosis Termasuk Jenis Kanker?
Rona Kehidupan

Bagikan Berita Ini

0 Response to "Endometriosis Termasuk Jenis Kanker?"

Post a Comment

Powered by Blogger.