Search This Blog

Dalam 3 Dekade, Penderita Diabetes Meningkat 4 Kali Lipat

Metrotvnews.com, Jenewa: Angka penderita diabetes semakin bertambah setiap tahunnya. Berdasarkan data WHO, jumlah penderita diabetes telah meningkat empat kali lipat sejak 1980.

Sekitar 422 juta orang dewasa di dunia merupakan penderita diebetes. Setengah dari jumlah tersebut merupakan penduduk dari negara berkembang. 

Obesitas masih menjadi faktor utama yang menyebabkan diabetes. Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) menyerukan untuk memerangi penyakit ini dengan cara menciptakan lingkungan sehat.

"Jika kita ingin menekan angka penderita diabetes, maka kita perlu berpikir ulang tentang hidup yang kita jalani. Terutama menyangkut makanan sehat, aktivitas fisik, dan kenaikan berat badan ekstrem," ujar Direktur Jenderal WHO Dr Margaret Chan.

"Bahkan, di kawasan paling tertinggal dan paling miskin pun, pemerintah harus bisa memastikan bahwa masyarakat menjalani pola hidup sehat," kata Dr Margaret.

Diabetes termasuk dalam penyakit kronis dan penyakit progresif tidak menular. Penyakit ini terjadi akibat pankreas tidak dapat memproduksi insulin dengan jumlah cukup. 

Penyakit diabetes seringkali menimbulkan berbagai komplikasi. Misalnya, pada jantung dan ginjal. 
Baca Berita Asal
Dalam 3 Dekade, Penderita Diabetes Meningkat 4 Kali Lipat
Rona Kehidupan

Bagikan Berita Ini

0 Response to "Dalam 3 Dekade, Penderita Diabetes Meningkat 4 Kali Lipat"

Post a Comment

Powered by Blogger.