Search This Blog

5 Kriteria Teman yang Baik

Metrotvnews.com, Jakarta: Sebagai makhluk sosial, manusia membutuhkan interaksi dengan manusia lain. Dan, menjalin hubungan pertemanan sangat penting bagi manusia. 

Memiliki teman baik membuat kehidupan seseorang lebih berwarna. Kehadiran teman mampu meredakan stres karena Anda dapat membagi keluh kesah dan masalah yang dihadapi kepada mereka.

Pernahkah terpikir, apakah Anda sudah menjadi teman yang baik? 

Profesor psikiatri dari NYU School of Medicine Irene S. Levine, Ph.D NYU, memaparkan ada lima ciri teman yang baik.

Coba cek, apakah Anda atau teman Anda termasuk dalam kriteria ini? 

1. Tidak menghakimi

Teman yang baik tidak akan menghakimi sahabatnya yang bersalah. Namun, tidak juga membenarkan kesalahan sahabatnya. Teman yang baik tetap menunjukkan apa yang salah dari sahabatnya, kemudian memberi masukan positif.

2. Tepat janji

Tak sedikit orang dengan enteng membatalkan janji dengan sahabatnya. Hubungan yang terlalu dekat acap kali mengaburkan rasa saling menghormati di antara sahabat. Jika Anda teman yang baik, tepati janji yang sudah dibuat dengan mereka.

3. Tidak egois

Jangan selalu minta untuk mendapatkan prioritas, meski Anda telah menjalin persahabatan cukup lama. Sahabat yang baik harus mau memahami bahwa temannya memiliki kesibukan yang lain. 

4. Menjaga rahasia

Dilansir Cosmopolitan, sahabat yang baik tidak mengumbar kejelekan sahabatnya kepada orang lain, meski hubungan sedang memburuk.

5. Bersedia kompromi

Yang dimaksud berkompromi dalam konteks ini adalah mengalah. Contoh, dalam berdiksusi memilih liburan. Jika Anda ingin menghabiskan akhir pekan dengan berlibur keluar kota namun teman menolak, maka salah satu dari kalian harus mau berkompromi. 

Bila tidak ada yang mau mengalah, bukan tak mungkin akan muncul pertengkaran yang dapat merenggangkan hubungan persahabatan.
Baca Berita Asal
5 Kriteria Teman yang Baik
Rona Kehidupan

Bagikan Berita Ini

0 Response to "5 Kriteria Teman yang Baik"

Post a Comment

Powered by Blogger.