Search This Blog

Cara Mengatasi Nyeri Punggung pada Bumil

Metrotvnews.com, Jakarta: Nyeri punggung adalah salah satu masalah yang sering dikeluhkan para ibu hamil. Beberapa faktor dapat memicu nyeri punggung, di antaranya sebagai berikut.

1. Kenaikan berat badan

Selama kehamilan, perempuan umumnya mengalami kenaikan berat badan, sehingga tulang belakang yang berfungsi sebagai penyangga tubuh memiliki tambahan beban. Disamping itu, pertumbuhan janin yang semakin membesar memberi tekanan pada pembuluh darah dan saraf di sekitar punggung.

2. Perubahan postur

Semakin besar usia kandungan, maka perempuan akan menyesuaikan gerakan sesuai perubahan postur tubuhnya. Hal ini seringkali memicu sakit punggung. 

3. Hormon

Selama kehamilan, tubuh memproduksi hormon yang disebut dengan relaxin. Relaxin melonggarkan ligamen di sekitar sendi panggul guna memperlancar proses kelahiran. Namun, hormon ini juga ikut melonggarkan ligamen di sekitar tulang belakang sehingga menyebabkan nyeri.

4.  Stres

Stres menyebabkan ketegangan otot di area tulang belakang. Semakin tinggi tingkat stres, maka nyeri punggung akan semakin mengalami peningkatan. 

Beberapa langkah bisa Anda lakukan untuk mengatasi nyeri punggung saat kehamilan, seperti:

Olahraga teratur

Olahraga teratur memperkuat otot dan meningkatkan fleksibilitas. Olahraga juga mampu mengurangi tingkat stres dan tekanan pada tulang punggung. Olahraga yang baik untuk petempuan hamil, yaitu, berjalan dan berenang. Anda juga bisa meminta rekomendasi olahraga yang cocok untuk memperkuat punggung dan perut.

Mengompres punggung dengan air dingin dan hangat

Mengompres punggung dengan air dingin dan hangat dapat membuat punggung terasa rileks. Pada hari pertama, kompres bagian yang sering terasa nyeri dengan air dingin selama 20 menit. Dua hari kemudian, kompres kembali punggung yang sakit dengan air hangat. Lakukan perawatan ini secara berkala untuk meringankan nyeri.

Perbaiki postur tubuh

Gunakan postur tubuh yang tepat saat tidur, duduk, kerja dan tidur. Anda bisa meletakan bantal di bawah kaki (antara paha dan betis) untuk mengurangi ketegangan pada punggung. 

Akupunktur

Sebuah penelitian menunjukkan, teknik pengobatan tradisional dari Tiongkok ini mampu mengurangi rasa sakit punggung selama kehamilan. (Web MD)
Baca Berita Asal
Cara Mengatasi Nyeri Punggung pada Bumil
Rona Kehidupan

Bagikan Berita Ini

0 Response to "Cara Mengatasi Nyeri Punggung pada Bumil"

Post a Comment

Powered by Blogger.