Search This Blog

Tanda Bahaya pada Kehamilan Trimester Pertama

Metrotvnews.com, Jakarta: Kehamilan trimester pertama paling rentan bermasalah. Itu sebabnya, angka keguguran lebih banyak terjadi pada bulan-bulan awal kehamilan. 

Disitat Web MD, ada enam masalah yang tidak boleh disepelekan ibu hamil. 

1. Pendarahan

Sedikit bercak darah masih tergolong normal. "Namun, pendarahan beratbisa menjadi tanda keguguran atau ektopik," jelas Natali Aziz, MD, spesialis kehamilan dan janin di Lucile Packard Children's Hospital, Palo Alto, California. 

Manju Monga, MD, spesialis dan janin dari Baylor College of Medicine di Houston membenarkan hal tersebut. Apalagi, jika pendarahan yang terjadi disertai kram yang cukup hebat. Segera periksakan diri ke dokter. Nantinya, dokter akan melakukan serangkaian pemeriksaan seperti USG, dan tes darah.

2. Mual parah

Mual dan muntah adalah masalah yang paling umum diderita ibu hamil. Namun, jangan disepelakan jika Anda mengalami keadaan yang parah hingga membuat Anda dehidrasi. Periksakan ke dokter jika kondisi tidak pulih selama 12 jam.

3. Panas tinggi

Panas tinggi pada ibu hamil adalah kondisi yang cukup serius. Periksakan diri ke dokter jika panas mencapai 38 derajat celcius. Dijelaskan Aziz, demam yang disertai ruam dan nyeri sendi pada ibu hamil bisa menjadi indikasi infeksi seperti toksoplasma dan cytomegalovirus (CMV). CMV merupakan penyebab paling umum dari tuli bawaan. 

4. Keputihan

Keputihan dalam jumlah normal masih tergolong wajar. Namun, bisa menjadi indikasi adanya penyakit jika keluar dalam jumlah yang sangat berlebihan. Keputihan yang tak wajar bisa berdampak pada kesehatan bayi. 

5. Rasa terbakar saat buang air kecil

Ini merupakan tanda umum dari infeksi saluran kemih. "Jika tidak ditangani dengan cepat, dapat meningkatkan risiko kelahiran prematur," jelas Aziz.

6. Diebetes

Ibu hamil yang mengalami masalah kesehatan, seperti diabetes, penyakit tiroid, tekanan darah tinggi, dan asma harus mencatat perubahan kondisi mereka selama kehamilan.

Sebab, masalah serius bisa menghampiri jika penyakit tersebut ada pada status tidak terkontrol.

"Misalnya, jika kondisi hormon tiroid Anda terlalu tinggi atau rendah, maka risiko keguguran semakin besar," ujar Gayle Olson, MD, spesialis kandungan dari University of Texas Medical Branch di Galveston. "Begitu juga jika kondisi gula darah Anda tak terkontrol, bisa memicu kecacatan pada janin," tambahnya. 
Baca Berita Asal
Tanda Bahaya pada Kehamilan Trimester Pertama
Rona Kehidupan

Bagikan Berita Ini

0 Response to "Tanda Bahaya pada Kehamilan Trimester Pertama"

Post a Comment

Powered by Blogger.