Search This Blog

Kelebihan Berat Badan Picu Berkurangnya Fungsi Penglihatan

Metrotvnews.com, Jakarta: Mata adalah organ penting yang sangat memengaruhi kualitas kehidupan. Berkurangnya fungsi penglihatan tentu menghambat aktivitas.

Apa saja hal yang dapat mengurangi fungsi penglihatan?

1. Kelebihan Berat Badan

Studi menunjukkan, orang yang kelebihan berat badan memiliki kepadatan pigmen yang rendah di bagian makula. Makula merupakan bagian dari mata yang diperlukan untuk mendapatkan kualitas penglihatan yang tajam. 

Menjaga agar berat badan selalu ada pada posisi normal sangat penting. Pada pria, usahakan lingkar pinggang tidak lebih dari 93,98 sentimeter. Sementara pada perempuan, usahakan tidak melebihi 80.01 sentimeter.

2. Merokok

Rokok memberi efek negatif pada kesehatan secara keseluruhan. Bahan kimia pada rokok membahayakan pembuluh darah kecil di dalam mata karena menyebabkan penyumbatan dan pendarahan internal. Bahan kimia pada rokok juga memicu kerusakan pada retina.

3. Kurang gerak

Kurang gerak memicu efek negatif pada mata. Itu sebabnya, olahraga teratur sangat dianjurkan. Pilih olahraga yang merangsang organ pernapasan. Misalnya aerobik atau jalan cepat. Olahraga meningkatkan pasokan oksigem ke saraf optik.

Saat ini, gaukoma menjadi masalah kesehatan mata yang banyak menyerang warga Inggris. Glaukoma merupakan kondisi dimana ada banyak tekanan pada mata sehingga menyebabkan kerusakan permanen pada saraf optik. 

Berdasarkan catatan, 2 dari 100 orang di atas usia 40 tahun di Inggris menderita glaukoma. Namun banyak penderita yang tidak menyadari kondisinya. 

4. Memakai lensa kontak

Kesalahan dalam memakai lensa kontak menyebabkan infeksi mata serius. Pengetahuan tentang tata cara penggunaan lensa kontak sangat penting untuk mencegah infeksi. 

Pastikan selalu mencuci lensa kontak dengan pembersih khusus, perhatikan tanggal kedaluwarsa lensa kontak, serta tidak menggunakannya lebih dari delapan jam. Periksakan diri ke dokter jika menemui gejala infeksi.

5. Sinar UV

Menurut Organisasi Kesehatan Dunia (WHO), sinar UV merupakan faktor risiko terbesar yang dapat memicu katarak. Sedikitnya, 1 dari 3 orang di atas usia 65 tahun memiliki risiko paling besar menderita katarak. Standar keamanan Eropa menyarankan menggunakan kacamata hitam yang memberikan seratus persen proteksi terhadap sinar UVA dan UVB.

6. Terlalu banyak konsumsi lemak 

Terlalu banyak mengonsumsi lemak jenuh menyebabkan penumpukan deposit lemak di pembuluh darah makula pada mata. Untuk menghindari berkurangnya fungsi penglihatan, konsumsi makanan yang mengandung lemak omega-3.

7. Jarang melakukan tes mata

Data dari Eyecare Trust, sebanyak 20 juta orang di Inggris melewatkan tes mata secara teratur. Padahal, teratur mengecek kondisi mata membantu mendeteksi gangguan pada mata sejak dini. 
Baca Berita Asal
Kelebihan Berat Badan Picu Berkurangnya Fungsi Penglihatan
Rona Kehidupan

Bagikan Berita Ini

0 Response to "Kelebihan Berat Badan Picu Berkurangnya Fungsi Penglihatan"

Post a Comment

Powered by Blogger.