Search This Blog

Hewan Peliharaan Bantu Hilangkan Stres

Metrotvnews.com, Jakarta: Tak hanya menjadi sahat setia bagi manusia, hewan peliharan juga membantu mengurangi stres.

Dalam studi terbaru yang  dilakukan Harvard School of Public Health, 87 persen pria dan wanita mengatakan bahwa menghabiskan waktu dengan hewan peliharaan membantu mereka merasa lebih baik.

Dilansir Foxnews, ada empat alasan mengapa hewan peliharaan dapat membantu menghilangkan stres Anda.

1. Mengurangi hormon stres

Menurut Sandra Barker, PhD, direktur Pusat Interaksi Manusia-Hewan di Virginia Commonwealth University School of Medicine, bermain dengan anjing setelah mengalami hal yang menegangkan dapat mengurangi hormon stres kortisol.

Sebuah ulasan pada 2012 juga mengungkapkan bahwa menghabiskan waktu dengan anjing dapat meningkatkan hormon oksitosin yang merupakan hormon anti-stres.

2. Menurunkan tekanan darah

"Stres memberi pengaruh pada tubuh yang dapat mempercepat detak jantung dan meningkatkan tekanan darah," kata Lynne T. Braun, PhD, profesor keperawatan Rush University di Chicago.

Bersantai dengan hewan pelihraan dapat mengatasi hal tersebut. Bahkan, sebuah studi di Australia menunjukkan bahwa pemilik hewan memiliki tekanan darah lebih rendah dibandingkan mereka yang tidak memelihara binatang.

3. Membantu mencari jalan keluar dari masalah

"Hewan peliharaan memberi kita kesempatan untuk menjangkau potensi di luar diri kita," jelas Debra F. Horwitz, DVM, seorang pelatih bersertifikat dari rumah sakit hewan di Amerika.

Jika Anda merasakan tekanan yang menumpuk, hewan peliharaan akan memberi perspektif lain. Ajak hewan peliharaan berjalan-jalan selama 10 menit. Melihat bagaimana mereka mengapresiasi hal-hal kecil akan memberi Anda pencerahan.

4. Terapi terbaik

Ada beberapa jenis terapi yang melibatkan hewan dalam hal mengontrol kecemasan. Dengan sedikit saran dari dokter, Anda bisa mendapatkan hewan pendukung emosional yang bersertifikat yang akan selalu menemani Anda.

"Bukan berarti jika Anda memiliki hwan peliharaan, itu akan menjadi terapi. Anda harus berdiskusi dengan dokter terlebih dahulu," ujar Horwitz.
Baca Berita Asal
Hewan Peliharaan Bantu Hilangkan Stres
Rona Kehidupan

Bagikan Berita Ini

0 Response to "Hewan Peliharaan Bantu Hilangkan Stres"

Post a Comment

Powered by Blogger.