Search This Blog

Studi: Susu Tinggi Lemak Turunkan Risiko Diabetes

Metrotvnews.com, Jakarta: Pada umumnya, susu rendah lemak dipilih sebagian besar orang karena lebih sehat dan membantu dalam menurunkan berat badan.

Namun, ternyata susu tinggi lemak pun memiliki manfaat kesehatan yang tak kalah baik. sebuah  studi terbaru menemukan, orang yang mengonsumsi susu tinggi lemak memiliki risiko diabetes lebih rendah dibandingkan dengan mereka yang tidak meminumnya.

Para peneliti dari Tulane University mempelajari data sirkulasi darah dari 3.333 orang dewasa yang berpartisipasi dalam Nurses’ Health Study and Health Professionals Follow-Up Study selama 15 tahun.

Mereka mengamati bahwa orang-orang yang minum susu tinggi lemak memiliki risiko 46 persen lebih rendah terkena diabetes selama rentang studi, dibandingkan dengan mereka yang minum susu rendah lemak.

"Menurut saya, temuan ini menyerukan perubahan dalam kebijakan yang hanya merekomendasikan produk susu rendah lemak," kata penulis studi Dr Dariush Mozaffarian kepada Time.

Dia menambahkan, tidak ada bukti yang menujukkan bahwa susu rendah lemak lebih baik daripada susu tinggi lemak.

Ketika banyak orang yang beralih dari susu biasa ke susu rendah lemak untuk mendapatkan kalori lebih sedikit, penelitian terakhir justru menunjukkan kecenderungan agar mengganti lemak dengan gula atau karbohidrat.

Menurut laporan Medis Daily, tiga tahun lalu, peneliti Swedia mengamati bahwa pria paruh baya yang mengonsumsi produk susu tinggi lemak secara signifikan lebih kecil kemungkinannya untuk menjadi gemuk, dibandingkan laki-laki yang tidak pernah atau jarang minum susu tinggi lemak.

walau demikian, Mozaffarian tidak menganjurkan penelitian ini dijadikan patokan berdiet.

Studi ini dipublikasikan pada 22 Maret 2016, dalam Circulation Journal.
Baca Berita Asal
Studi: Susu Tinggi Lemak Turunkan Risiko Diabetes
Rona Kehidupan

Bagikan Berita Ini

0 Response to "Studi: Susu Tinggi Lemak Turunkan Risiko Diabetes"

Post a Comment

Powered by Blogger.