Search This Blog

Cara Meningkatkan Kualitas Hidup Penderita Hemofilia

Metrotvnews.com, Jakarta: Dalam rangka meningkatkan kesadaran masyarakat akan penyakit kelainan darah genetik atau hemofilia, maka 17 April diperingati sebagai Hari Hemofilia Dunia.

Meski tak bisa disembuhkan, ada beberapa cara untuk mengontrol hemofilia. Penderita membutuhkan perawatan khusus untuk menghentikan pendarahan jika kulit mengalami luka terbuka.

Ada beberapa cara yang dapat ditempuh agar penderita hemofilia dapat meningkatkan kualitas hidup.

1. Para penderita Hemofilia harus menjaga berat badan untuk mengurangi risiko penyakit lain yang dapat menimbulkan komplokasi. Kelebihan atau kekurangan berat badan tidak baik bagi mereka.

2. Lakukan fitnes secara teratur, mulai dari yang ringan hingga berat, setelah berkonsultasi dengan dokter terlebih dahulu. Latihan fisik tidak terlalu dianjurkan karena dapat meningkatkan risiko memar atau luka.

3. Hindari makanan yang mengandung lemak jenuh dan kalori karena membutuhkan waktu lebih lama untuk dicerna dan menghabiskan banyak energi sehingga dapat menimbulkan masalah pencenaan.

4. Konsumsi makanan yang kaya vitamin dan mengandung banyak protrombin untuk membantu proses pembekuan darah secara normal. Beberapa makanan yang mengandung vitamin K adalah bayam, gandum, brokoli, kacang kedelai, dan roti gandum.

5. Konsumsi makanan kaya kalsium yang membantu dalam pembentukan trombosit dan pembekuan darah, sekaligus memperkuat tulang. Segala jenis susu dan produk susu sangat dianjurkan.

6. Makanan yang kaya akan vitamin C juga sangat dianjurkan bagi penderita hemofilia karena membuat sistem imunitas semakin kuat dan kebal pada berbagai penyakit umum seperti pilek, flu, dan alergi.

7. Makan makanan yang mengandung zat besi karena merupakan unsur utama dalam produksi sel darah merah yang sehat, dan hemoglobin yang berguna untuk mengobati kelainan darah. Daging, ikan, kacang-kacangan memiliki kandungan zat besi tinggi.

8. Perhatikan "infusion log" yang mencatat waktu dan tanggal infus dara / trombosit. Hal lain seperti jumlah transfer darah atau pengambilan obat pun perlu dicatat.

9. Dukungan dari keluarga dan teman sangat penting agar penderita menyadari bahwa dia tak menghadapi penyakitnya sendirian.
Baca Berita Asal
Cara Meningkatkan Kualitas Hidup Penderita Hemofilia
Rona Kehidupan

Bagikan Berita Ini

0 Response to "Cara Meningkatkan Kualitas Hidup Penderita Hemofilia"

Post a Comment

Powered by Blogger.