Search This Blog

Hari Hemofilia Diperingati Agar Masyarakat Lebih Peduli

Metrotvnews.com, Jakarta: Hari Hemofilia Dunia diperingati setiap 17 April, tujuannya menciptakan kesadaran tentang penyakit hemofilia.

Federasi Hemofilia Dunia mencatat bahwa satu dari seribu orang di dunia menderita kelainan darah ini, namun tidak mendapat perawatan yang selayaknya.
Oleh karena itu, kesadaran keluarga, teman, dan orang sekitar perlu ditingkatkan.

Hari Hemofilia Dunia 2016 diperingati oleh banyak organisasi kesejahteraan dan perusahaan farmasi dengan cara terlibat dalam pengembangan obat. Ini menunjukkan bukti dukungan mereka dengan memberi harapan bagi para penderita hemofilia di seluruh dunia.

"Setiap hari Novo Nordisk mengembangkan perawatan inovatif dan program pendidikan yang holistik untuk memenuhi kebutuhan pasien dan perawat," kata Eddie Williams, wakil presiden senior, Biopharmaceuticals, Novo Nordisk Inc, dikutip Counselheal.

Usaha untuk membangun kesadaran publik dan memenuhi kebutuhan pasien ialah dengan menjalin kemitraan bersama komunitas hemofilia dan memastikan bahwa penawaran yang mereka berikan tersebar tak hanya ke kommunitas, namun kepada masyarakat umum.

Hemofilia merupakan  kelainan darah yang bersifat genetik, diwariskan orang tua lewat gen. Pada kasus tertentu, penyakit ini terjadi seumur hidup sehingga disebut diakuisisi hemofilia.

Kelainan terjadi ketika antibodi yang terbentuk dalam tubuh menyerang dan membunuh sel yang membekukan darah.

Orang yang lahir dengan gangguan tersebut memiliki sedikit atau tidak ada sama sekali protein yang membantu dalam pembekuan darah. Penderita hemofilia akan mengalami pendarahan berlebih dan membutuhkan proses pembekuan darah yang lebih lama dibandingkan orang normal.

Cedera kecil atau eksternal tidak membahayakan penderita hemofilia. Namun, pendarahan internal seperti di siku, lutut, dan pergelangan kaki perlu mendapat perhatian karena pendarahan ini relatif tanpa gejala dan dapat merusak jaringan dan organ yang mengancam jiwa.

Hemofilia terdiri atas dua jenis, yakni hemofilia A dan B. Penderita hemofilia A kekurangan faktor pembekuan VIII (8) dan orang-orang dengan hemofilia B kekurangan faktor pembekuan IX (9).
Baca Berita Asal
Hari Hemofilia Diperingati Agar Masyarakat Lebih Peduli
Rona Kehidupan

Bagikan Berita Ini

0 Response to "Hari Hemofilia Diperingati Agar Masyarakat Lebih Peduli"

Post a Comment

Powered by Blogger.