Search This Blog

Cara Agar Bayi Prematur Tetap Bisa Minum ASI

Metrotvnews.com, London: Bayi yang lahir prematur seringkali tidak bisa mendapatkan ASI karena terlalu kecil dan tidak memiliki kekuatan otot serta koordinasi untuk minum secara sedikit demi sedikit. Padahal, dokter anak merekomendasikan para ibu untuk menyusui bayinya secara eksklusif selama 6 bulan.

Hal ini bertujuan untuk mengurangi risiko infeksi telinga dan pernapasan, sindrom kematian mendadak, alergi, obesitas dan diabetes.

Namun, Ibu dari bayi yang lahir prematur masih bisa memberi makan bayi mereka dengan ASI asalkan rutin menggunakan pompa payudara dari rumah sakit.

"Mereka harus bertahan dengan alat pompa untuk waktu yang lama sebelum bayi bisa menyusui secara langsung dari payudara," ujar penulis utama studi Mary Fewtrell dari UCL Institut Kesehatan anak di London.

Tak mudah memang dari segi ibu sendiri untuk memompa ASI dari payudaranya. Karena, selain membutuhkan peralatan yang tepat, dibutuhkan banyak waktu dan kerja keras untuk memerah ASI di tengah keadaan yang belum pulih sepenuhnya karena operasi caesar atau perjalanan jauh ke rumah sakit untuk menjenguk bayi mereka di rumah sakit. 

Bayi prematur sering mengalami kesulitan bernapas dan mencerna makanan. Mereka juga dapat menghadapi tantangan jangka panjang seperti gangguan penglihatan, pendengaran dan keterampilan kognitif serta masalah sosial dan perilaku.

Penelitian yang berfokus pada bayi yang lahir sebelum 34 pekan kehamilan ini melihat faktor-faktor yang memengaruhi kemudahan ibu dalam memberi ASI pada bayi mereka dengan melibatkan 62 ibu yang menggunakan pompa payudara.

Selama 10 hari mereka diminta menjelaskan secara detail apa yang mereka rasakan. Mereka mengungkapkan bahwa lebih banyak susu yang dihasilkan jika menggunakan pompa susu ganda dimana pompa tersebut mengekstrak ASI dari kedua payudara secara bersamaan, dibandingkan menggunakan pompa susu tunggal dimana 109 gram air susu lebih banyak dihasilkan. 

Menurut spesialis laktasi di Johns Hopkins University School of Nursing di Baltimore Joanne Flagg, penemuan tersebut menambah semakin banyak bukti yang menunjukkan manfaat ganda dari seringnya memompa payudara membantu menghasilkan pasokan susu dan menghasilkan cukup ASI untuk memberi makan bayi.

"Tidak ada pompa seefisien mulut bayi karena mereka menggunakan hisap mulut mereka dan ekstraksi mekanis dengan lidah mereka," kata Flagg.

Tapi, memompa payudara meningkatkan prolaktin, hormon yang terlibat dalam produksi susu dan meningkatkan stimulasi kelenjar susu. Selain itu, bantuan tangan juga mampu meningkatkan jumlah susu yang dihasilkan dengan mencocokkan ukuran pompa dengan puting ibu.
Baca Berita Asal
Cara Agar Bayi Prematur Tetap Bisa Minum ASI
Rona Kehidupan

Bagikan Berita Ini

0 Response to "Cara Agar Bayi Prematur Tetap Bisa Minum ASI"

Post a Comment

Powered by Blogger.