Search This Blog

7 Hal yang Harus Diperhatikan Orang Tua Tunggal

Metrotvnews.com, Jakarta: Membesarkan anak seorang diri adalah tantangan tersendiri bagi orangtua tunggal. Agar anak tetap bisa berkembang dengan normal tanpa kekurangan cinta kasih ibu maupun ayah, berikut beberapa hal yang sebaiknya tidak Anda lakukan saat membesarkan anak tanpa pasangan.

1. Minum di depan anak
Jangan pernah minum alkohol atau membawa anak ke pesta orang dewasa yang terdapat minuman alkohol. Anak anda bisa jadi akan mencoba mengikuti perilaku tersebut saat dewasa.

2. Membawa pasangan ke rumah
Menjalin hubungan dengan orang lain memang bukan hal yang salah, mengingat Anda adalah seorang lajang. Namun, Anda harus ingat bahwa ada anak di rumah sehingga sebaiknya tidak membawa pacar atau anak Anda akan kecewa melihat Anda tidak bersama ibu atau ayahnya.

3. Mengabaikan anak
Meskipun Anda memiliki pengasuh anak, perhatian yang diberikan tak akan sama dengan orangtua kandung. Jadi, jangan biarkan pengasuhan anak diserahkan sepenuhnya ke pengasuhnya.

4. Tidak banyak menghabiskan waktu dengan anak
Menjadi orangtua tunggal sekaligus tulang punggung keluarga adalah hal yang berat karena waktu untuk anak tentu tak banyak. Namun, perlu Anda ingat anak membutuhkan perhatian Anda selama masa pertumbuhan. Karenanya, usahakan untuk meluangkan waktu bersama anak meski hanya sebentar.

5. Mengomel tanpa sebab
Menghadapi anak memang butuh kesabaran ekstra. Usahakan tidak mengomel pada anak meskipun Anda habis kesabaran karena hal tersebut akan melukai memori masa kecilnya.

6. Mengabaikan akademik anak
Tetap pantau bagaimana perkembangan akademik anak. Pastikan mereka mengembangkan hal yang menarik minat mereka karena hal tersebut memengaruhi pertumbuhan dan perkembangan mereka ke depan.

7. Tidak memberi makan dengan benar
Nutrisi jelas memiliki peran penting dalam hal pertumbuhan anak. Berikan mereka makanan yang sehat namun tetap dalam batas wajar agar tidak mengalami obesitas.
Baca Berita Asal
7 Hal yang Harus Diperhatikan Orang Tua Tunggal
Rona Kehidupan

Bagikan Berita Ini

0 Response to "7 Hal yang Harus Diperhatikan Orang Tua Tunggal"

Post a Comment

Powered by Blogger.