Search This Blog

Berikan Anak Ruang Beraktivitas Sendiri

Metrotvnews.com, Jakarta: Masa anak-anak adalah masa tumbuh dan berkembang. Terutama saat usia satu tahun ke atas. Membiarkan anak bermain dan bereksplorasi akan membantu pertumbuhan dan perkembangan mereka.

Umur satu tahun adalah umur di mana anak-anak sudah mulai bisa berjalan. Fase ini adalah fase setiap anak sedang ingin bereksplorasi dengan dirinya maupun lingkungannya.

"Anak mulai bereksplorasi. Begitu sudah satu tahun itu umur di mana biasanya anak-anak sudah bisa jalan. Ikuti perkembangan anak sesuai dengan umurnya. Anak akan mulai bereksplorasi ketika mulai bisa jalan. Berilah mereka ruang untuk beraktivitas sendiri," jelas Ratih Ibrahim, seorang psikolog di Mall Taman Anggrek, Jakarta, Sabtu (2/4/2016).

Bermain juga sudah menjadi dunia dan hak dari masa satu tahun ke atas. Bereksplorasi menjadi kebutuhan anak agar dirinya bisa tumbuh kembang secara optimal.

"Eksplorasi menjadi kebutuhan si kecil agar dapat tumbuh kembang optimal. Namun mereka tetap perlu perlindungan untuk bereksplorasi," ujar Ratih.

"Mengeksplorasi hal-hal baru mendukung berbagai kemampuan anak seperti sosio-emosional, komunikasi, motorik, serta kreativitas si kecil," lanjut Ratih.

Hal penting yang perlu diperhatikan dan dapat membantu eksplorasi anak dalam bertumbuh dan berkembang adalah kepercayaan diri orang tua, kasih sayang, dan juga nutrisi.

Baca Berita Asal
Berikan Anak Ruang Beraktivitas Sendiri
Rona Kehidupan

Bagikan Berita Ini

0 Response to "Berikan Anak Ruang Beraktivitas Sendiri"

Post a Comment

Powered by Blogger.