Search This Blog

Tips Mendaki Gunung untuk Pemula

Metrotvnews.com, Jakarta: Mendaki Kilimanjaro, gunung tertinggi di Afrika, membutuhkan nyali dan persiapan khusus. Gunung yang terletak di Tanzania ini memiliki medan cukup berat sehingga tak sembarang orang bisa menaklukkannya. 

Saat mendaki gunung ini, pendaki akan melalui beberapa iklim. 

Masih tertarik mendaki gunung ini? Berikut, panduannya seperti dilansir Yahoo Travel.

1. Memanjat bersama pemandu pengalaman

Ada lebih dari 300 perusahaan yang menawarkan paket perjalanan ke puncak Kilimanjaro. Sebelum memutuskan menggunakan jasa perusahaan travel, lakukan riset dan minta rekomendasi teman yang berpengalaman.

2. Siapkan dengan matang

Terutama bagi Anda yang belum berpengalaman, segala persiapan harus dipersiapkan dengan matang, baik dari perlengkapan hingga perencanaan.

3. Istirahat cukup

Fisik yang kuat adalah modal utama dalam mendaki gunung. Persiapkan fisik dengan baik, cukup tidur, dan mengonsumsi makanan bergizi. Untuk Anda yang belum berpengalaman, disarankan rutin berolahraga ringan satu bulan sebelum pendakian agar tubuh bisa menyesuaikan diri.

4. Bawa barang seperlunya

Semakin ringan barang bawaan, maka semakin ringan beban Anda saat mendaki gunung. Bawa barang-barang seperlunya, terutama yang paling dibutuhkan. Namun, jika barang yang Anda bawa memang cukup banyak, saat ini ada banyak perusahaan travel yang menawarkan jasa porter. Namun, Anda harus merogoh kocek lagi tentunya.

5. Makan 

Ada saatnya Anda kehilangan nafsu makan saat mendaki gunung. Saat hal itu terjadi, jangan turuti keinginan tersebut. Tetap makan agar tubuh memiliki energi cukup.

6. Bawa persediaan air

Air adalah komponen utama yang wajib dibawa saat mendaki. Pastikan air yang Anda bawa cukup untuk menghindari dehidrasi dan hipotermia. 

7. Mencoba gunung dengan track yang mudah

Anda yang belum berpengalaman mendaki gunung, disarankan tidak langsung mendaki gunung dengan track yang sulit. Pertama, Anda bisa mencoba mendaki gunung dengan track mudah, kemudian sedang, baru Anda bisa mencoba yang sulit. 

Baca Berita Asal
Tips Mendaki Gunung untuk Pemula
Rona Kehidupan

Bagikan Berita Ini

0 Response to "Tips Mendaki Gunung untuk Pemula"

Post a Comment

Powered by Blogger.