Search This Blog

Pakai Losion Anti Nyamuk Langkah Dini Cegah Malaria

Metrotvnews.com, Jakarta: Malaria merupakan penyakit serius yang dapat menyebabkan kematian bagi penderitanya. Penyakit ini disebabkan parasit plasmodium yang hidup berkembang di sel darah manusia, dan ditularkan melalui gigitan nyamuk anopheles. 

Ada empat jenis plasmodium malaria yang menginfeksi manusia, yakni plasmodium falcifarum, plasmodium vivax, plasmodium malariae, dan plasmodium ovale. 

Bagaimana gejala malaria?

Malaria ditandai dengan gejala demam dan menggigil setiap hari atau dua kali sehari bergantung jenis plasmodium yang menyerang. Gejala demam biasanya diikuti dengan sakit kepala berat, berat badan lemas, muka pucat, nafsu makan berkurang, dan mual. Pada gejala menahun atau kronis, biasanya terjadi gangguan limpa. 

"Apabila seseorang mengalami gejala di atas, baik yang ringan atau berat, maka harus segera berobat untuk mendapat diagnosis pasti. Apalagi, jika Anda habis bepergian ke daerah yang endemi penyakit tersebut. Ceritakan riwayat bepergian selengkap-lengkapnya. Intinya, jangan sampai terlambat," saran Direktorat Jenderal Pencegahan dan Pengendalian Penyakit Kemenkes RI dr H.M Subuh, MPPM saat dijumpai Metrotvnews.com di Studio Metro TV, Jakarta, Selasa (19/4/2016).

Subuh menambahkan, lima provinsi di Indonesia Timur masih rawan kasus malaria, yakni Nusa Tenggara Timur, Papua, Papua Barat, Maluku, dan Maluku Utara. Subuh pun meyarankan masyarakat untuk selalu memakai losion anti-nyamuk jika mengunjungi daerah tersebut sebagai pencegahan dini.

"Mau tidak mau daripada terjangkit," kata dia, menambahkan. 

Kelambu sebagai pencegahan

Memasang kelambu anti-nyamuk di rumah menjadi salah satu tindakan pencegahan, selain secara rutin menggunakan losion anti-nyamuk. Kelambu yang dipasang bukan sembarang kelambu. 

Prof. Dr. Inge Sutanto, M.Phil selaku Ketua Komisi Ahli Diagnosis & Pengobatan Malaria menjelaskan kelambu yang dimaksud.

"Kelambu anti-nyamuk adalah kelambu yang serat benangnya sudah dilapisi insektisida dan dapat bertahan lama (minimal tiga tahun). Kelambu ini aman dan tidak berbahaya bagi manusia," ujarnya, pada kesempatan yang sama. 

Kelambu ini, jelas dia, dapat membunuh nyamuk yang hinggap. Penggunaan kelambu ini efektif untuk menghindari gigitan nyamuk malaria, terutama pada bayi, balita, dan ibu hamil yang umumnya rentan terkena gigitan nyamuk.

Upaya pencegahan lain yang bisa dilakukan, yakni dengan memasang kawat kasa pada lubang angin di rumah, memakai obat nyamuk elektrik untuk mencegah efek buruk asap, menjauhkan kandang ternak dari rumah, serta memakai pakaian tertutup, terutama jika bepergian pada malam hari.

Baca Berita Asal
Pakai Losion Anti Nyamuk, Langkah Dini Cegah Malaria
Rona Kehidupan

Bagikan Berita Ini

0 Response to "Pakai Losion Anti Nyamuk Langkah Dini Cegah Malaria"

Post a Comment

Powered by Blogger.