Search This Blog

Pertolongan Pertama ketika Anak Menelan Benda Asing

Metrotvnews.com, Jakarta: Balita seringkali memiliki kebiasaan memasukan benda asing. Itu sebabnya, mengawasi anak saat bermain sangat penting.

Jangan panik saat mengetahui ada benda asing termakan oleh anak. Langkah pertama yang harus Anda lakukan ialah meminta anak agar batuk. Tujuannya, supaya benda asing bisa keluar.

Jika cara itu belum membuahkan hasil, beri pukulan di pungung. Tepatnya  pada area tulang belikat membantu anak mengeluarkan benda asing tersebut. 

Perlu diingat, tekanan pukulan juga harus disesuaikan dengan usia anak. Pada anak di bawah usia satu tahun, misalnya, cara yang harus Anda lakukan pertama kali adalah menopang kepalanya dengan tangan. Beri lima pukulan menggunakan tumit tangan.

Jika masih belum berhasil juga, beri tekanan sebanyak lima kali menggunakan jari tengah di sepertiga tulang dada anak.

Pada usia di atas satu tahun, miringkan tubuh anak sambil berikan pukulan di area punggung. Jika cara tersebut masih belum berhasil, berikan tekanan pada dada.

Anda juga bisa merangkul tubuh anak dari belakang, sementara posisi tangan berada di antara pusar dan tulang rusuk. 

Selanjutnya, angkat tubuh anak sambil memberi tekanan pada bagian perut. Pastikan posisi tangan tepat, karena jika terlalu rendah, dapat menimbulkan cedera pada tulang rusuk anak.

Jika tak berhasil, dan napas anak semakin melemah, jangan tunda lagi! Segera bawa anak ke rumah sakit terdekat.
Baca Berita Asal
Pertolongan Pertama ketika Anak Menelan Benda Asing
Rona Kehidupan

Bagikan Berita Ini

0 Response to "Pertolongan Pertama ketika Anak Menelan Benda Asing"

Post a Comment

Powered by Blogger.