Search This Blog

Penggunaan Botox pada Berbagai Tingkatan Usia

Metrotvnews.com, Jakarta: Penggunaan botox sebagai pilihan merawat wajah kian meningkat dari waktu ke waktu. American Society of Plastic Surgeons melaporkan, penggunaan suntik Botox meningkat sebanyak 750 persen sejak 15 tahun lalu.

Sementara, data American Academy of Plastic Facial and Reconstructive Surgery 2015 menunjukkan, jumlah pasien di bawah usia 30 tahun yang meminta perawatan suntik dan bedah plastik meningkat sebanyak 64 persen.

Kontroversi penggunaan botox memang mulai berkurang. 

"Saat ini, penggunaan botox pun lebih banyak dilakukan para perempuan muda sebagai tindakan pencegahan, bukan sarana mengobati kulit yang telah menunjukkan tanda penuaan," ujar Tsippora Shainhouse, MD, dermatolog di Beverly Hills.

Terapi botox sendiri telah disetujui  Badan Pengawas Obat dan Makanan Amerika Serikat (FDA). Prinsip kerja botox, jika diinjeksikan ke otot yang sedang berkontraksi, akan terikat pada ujung neuromuskular dan mengganggu pelepasan asetilkolin sehingga menghambat kontraksi otot. 

"Ketika menua, kulit kehilangan elastisitas dan kolagen rusak, sehingga kontraksi otot dan kulit yang konstan akan membuat lipatan permanen," kata Shainhouse, menjelaskan. 

Dalam dunia kecantikan, botox digunakan untuk menghilangkan keriput di sudut mata, di antara alis, dan dahi. Botox juga bisa digunakan untuk menghilangkan lipatan-lipatan di leher. Bahkan, cairan yang dikenal sebagai racun botulinum ini bisa mencegah produksi keringat berlebih.

FDA merekomendasikan botox hanya dilakukan pada orang berusia 18-65 tahun. 

Berikut, tujuan perawatan dengan botox pada berbagai usia. 

Usia 20-an

Pada usia ini, botox digunakan untuk mencegah keriput dan mengurangi ekspresi berlebih pada otot wajah. Namun, kekurangan dalam pemakaian botox adalah, seseorang tidak bisa berekspresi secara sempurna mengingat cara kerja botox adalah mengurangi kontraksi di otot wajah. 

Untuk mengurangi efek ini, Shainhouse menyarankan untuk tidak menggunakan botox dalam jumlah yang banyak, dan tidak menyuntik terlalu dalam. 

Usia 30-an

Ini adalah usia di mana keriput mulai bermunculan pada bagian alis dan daerah sekitar mata. 

"Botox akan melembutkan, bahkan menghapus banyak garis-garis halus di sekitar area tersebut. Baiknya, gunakan Botox yang bisa bertahan hingga enam bulan.

Usia 40-an

Pada usia ini, kulit menipis lebih cepat sehingga keriput jauh lebih jelas. Garis halus lebih jelas terlihat, meski Anda jarang berekspresi. 

Penggunaan botox pada usia ini akan membantu mengurangi kerutan. Namun, tidak menghilangkannya. Jika memilih botox sebagai perawatan, gunakan yang memiliki efek mengencangkan selama tiga bulan. 

Sebagai catatan, jangan abaikan berkonsultasi terlebih dahulu kepada dokter sebelum mengaplikasikan botox di wajah Anda.
Baca Berita Asal
Penggunaan Botox pada Berbagai Tingkatan Usia
Rona Kehidupan

Bagikan Berita Ini

0 Response to "Penggunaan Botox pada Berbagai Tingkatan Usia"

Post a Comment

Powered by Blogger.