Search This Blog

Peneliti Optimistis Obat HIV/AIDS Ditemukan 3 Tahun Lagi

Metrotvnews.com, Jakarta: Sebuah obat untuk HIV dan AIDS diyakini akan ditemukan dalam beberapa tahun ke depan. Saat ini, para ilmuwan berhasil memotong virus dari sel yang terinfeksi dan mencegah penyakit tersebut kembali.

Para ilmuwan di Lewis Katz School of Medicine di Temple University optimistis bahwa dalam tiga tahun ke depan mereka akan dapat memulai percobaan tersebut pada manusia. Demikian laporan Inggris Daily Telegraph.

Sebelumnya, para peneliti Amerika mengungkapkan bahwa ada kemungkinan untuk memotong gen dan virus tersebut dari seluruh sel DNA.

Selain itu, sel imunitas yang telah diuji pun tidak menunjukkan adanya perubahan kode genetik.

"Fakta bahwa untuk pertama kalinya kami telah mampu sepenuhnya menghilangkan segmen genom virus di laboratorium. Ini menunjukkan, kita bisa menghilangkannya dari tubuh manusia," kata pemimpin peneliti Profesor Kamel Khalili.

Dia menegaskan bahwa berdasarkan temuan-temuan terbaru, uji klinis bisa dimulai dalam waktu tiga tahun ke depan.

Teknik baru yang disebut CRISPR/Cas9 ini melibatkan penargetan kode genetik HIV yang masuk ke dalam sel.

Para ilmuwan kemudian mengambil protein Cas9 dan mengeditnya sehingga dapat mengenali kode virus.

Darah pasien akan diambil dan akan diinjeksi Cas9 yang akan mencari virus HIV dalam sel. Protein kemudian akan mengeluarkan dan memotong virus.

Para ilmuwan yakin pemindahan 20 persen sel imun dengan mengubah genetik sel akan bisa menyembuhkan virus.

"Ini merupakan langkah maju yang penting. Ini adalah bagian dari gelombang penelitian yang sedang dilakukan dengan menggunakan teknik-teknik baru untuk menyerang HIV pada khususnya, tetapi juga sejumlah penyakit lainnya, " ujar Profesor Matthew Cobb dari Manchester Unversity Inggris.

Menurut statistik terbaru dari Pusat Pengendalian dan Pencegahan Penyakit (CDC), lebih dari 1,2 juta orang di AS yang hidup dengan HIV dan sekitar 12,8 persen dari mereka tidak menyadari bahwa mereka memiliki virus tersebut.

Mereka yang terinfeksi mengambil obat antiretroviral seumur hidup  untuk mengendalikan infeksi. Jika berhenti, maka virus tersebut dapat menyebabkan AIDS.
Baca Berita Asal
Peneliti Optimistis Obat HIV/AIDS Ditemukan 3 Tahun Lagi
Rona Kehidupan

Bagikan Berita Ini

0 Response to "Peneliti Optimistis Obat HIV/AIDS Ditemukan 3 Tahun Lagi"

Post a Comment

Powered by Blogger.