Search This Blog

Kurang Tidur Timbulkan Masalah Perilaku pada Remaja

Metrotvnews.com, Jakarta: Kurang tidur tak hanya memengaruhi konsentrasi remaja, tetapi juga memengaruhi perilaku dalam berkendara.

Penelitian telah dilakukan terhadap lebih dari 50 ribu siswa kelas 9 hingga 12. Hasilnya, siswa yang tidur kurang dari tujuh jam dalam semalam berpotensi melakukan tindakan berbahaya, seperti tidak mengenakan helm saat berkendara, tidak menggunakan sabuk pengaman, serta menggunakan ponsel dan mabuk saat menyetir. 

Berdasarkan hal tersebut, para peneliti mengimbau remaja agar mendapatkan waktu tidur antara 8-10 jam dalam sehari.

"Kurang tidur berkontribusi memengaruhi perilaku," jelas peneliti studi sebagaimana dilansir Time, Selasa (12/4/2016).

Pada 2014, American Academy of Pediatrics membuat sebuah rekomendasi formal, yakni dengan meminta sekolah memundurkan waktu masuk sekolah agar para murid bisa mendapat waktu tidur lebih banyak. Alasannya, kurang tidur juga berpengaruh terhadap nilai akademis siswa. 

Peneliti menambahkan, remaja membutuhkan waktu tidur lebih banyak dibanding usia lain. Mengadopsi kebiasaan tidur yang baik penting untuk mencegah insomnia. 

Misalnya, tidur dan bangun pada waktu yang sama setiap hari, mengurangi paparan lampu pada malam hari, serta menjauhkan diri dari benda eletronik saat tidur. 

Baca Berita Asal
Kurang Tidur Timbulkan Masalah Perilaku pada Remaja
Rona Kehidupan

Bagikan Berita Ini

0 Response to "Kurang Tidur Timbulkan Masalah Perilaku pada Remaja"

Post a Comment

Powered by Blogger.