Search This Blog

Studi: Anak Pertama Lebih Disayang Orang Tua

Metrotvnews.com, Jakarta: Studi yang dilakukan para peneliti di Universitas California menemukan, anak pertama ternyata lebih disayang orang tua bila dibandingkan dengan anak kedua.

Para peneliti mensurvei 768 orang tua yang berasal dari 384 keluarga. Para orang tua memiliki dua anak dengan perbedaan jarak empat tahun.

Hasilnya, 70 persen ayah dan 74 persen ibu memiliki anak kesayangan. Dari hasil tanya jawab, para orang tua kebanyakan memilih anak pertama sebagai anak kesayangan. Namun, mereka tidak mampu menjelaskan secara spesifik alasannya. 

Survei kemudian dilanjutkan kepada anak-anak. Peneliti bertanya, apakah perbedaan perlakukan yang dilakukan orang tua memengaruhi harga diri mereka. Jawabnya, ya.

Anak yang lebih muda mengaku mereka memiliki harga diri yang rendah karena kakak mereka mendapat perlakukan yang lebih istimewa. 

Penelitian dipimpin oleh Katherine Conger, Profesor Departemen Sumber Daya Manusia dan Studi Keluarga Universitas California. Conger mengaku terkejut dengan hasil penelitian. Sebab, hasil penelitian berlawanan dengan hipotesis awal.

"Kami berpikir hasil sebaliknya, dimana kami kira anak pertama akan cenderung merasa diperlakukan tidak adil karena statusnya sebagai kakak yang harus selalu mengalah terhadap adk-adiknya," ungkap Conger. 
Baca Berita Asal
Studi: Anak Pertama Lebih Disayang Orang Tua
Rona Kehidupan

Bagikan Berita Ini

0 Response to "Studi: Anak Pertama Lebih Disayang Orang Tua"

Post a Comment

Powered by Blogger.