Search This Blog

Manfaat dan Cara Memijat Bayi

Metrotvnews.com, Jakarta: Menurut Organisasi Kesehatan Dunia (WHO), ikatan batin antara orang tua dan anak merupakan faktor penting yang memengaruhi perkembangan fisik dan mental bayi.

Beberapa cara bisa dilakukan untuk menumbuhkan ikatan batin antara orang tua dengan anak. Salah satunya melalui pijat bayi.

Dijelaskan Presiden Komisaris Bundamedik Health Care System dr Ivan Rizal Sini, SpOG, pijat bayi memiliki banyak manfaat, baik untuk bayi maupun orang tua.

"Dengan pijat, tubuh bayi akan menjadi rileks, sehingga anak bisa tidur lebih lama dan pulas. Pijat juga bisa meredakan kolik dan nyeri akibat tumbuh gigi, menurunkan produksi hormon stresor, serta membantu mengatur sistem pencernaan, respirasi, dan sirkulasi," jelas dr Ivan, dalam edukasi kesehatan yang berlangsung di Jakarta, Senin (4/4/2016).

Di sisi lain, pijat bayi membantu orang tua untuk mengerti bahasa non verbal dari sang buah hati. 

"Sehingga orang tua menjadi lebih percaya diri dalam mengurus anaknya," tukas drIvan. 

Bagaimana Memijat yang Benar?

Memijat bayi tak bisa dibilang gampang. Sebab, tulang dan kulit bayi masih sangat rawan. Meski demikian, pijat bayi bisa dipelajari orang tua.

Penyuluh Pelatihan Perawat di Bundamedik Healthcare System memaparkan cara-cara memijat bayi yang benar.

1. Berikan tekanan yang cukup tegas agar dapat merangsang bagian tubuh yang dipijat. Bayi yang sehat pada umumnya tidak menyukai pijatan yang ringan karena justru menimbulkan rasa geli.

2. Lakukan pemijatan selama 10 menit saja pada bayi yang baru lahir. Bayi yang baru lahir cenderung lebih sensitif sehingga cepat merasakan rangsangan. Untuk bayi yang sudah lebih besar, durasi pemijatan bisa diperpanjang hingga 20 menit.

"Ada enam bagian tubuh bayi yang perlu dipijat, yaitu pada wajah, dada, tangan, perut, kaki, dan punggung," jelasnya.

Perlu diperhatikan orang tua maupun perawat, bahwa saat memijat kita harus selalu waspada dalam melihat respons bayi. 

Disarankan untuk memijat bayi menggunakan minyak untuk memberi efek relaksasi dan ketenangan pada bayi. Memijat dengan minyak juga mengurangi gesekan antara tangan dan tubuh bayi sehingga proses memijit akan lebih mudah. 

Baca Berita Asal
Manfaat dan Cara Memijat Bayi
Rona Kehidupan

Bagikan Berita Ini

0 Response to "Manfaat dan Cara Memijat Bayi"

Post a Comment

Powered by Blogger.