Search This Blog

Cara Membuat Sendiri Roti di Rumah

Metrotvnews.com, Jakarta: Roti disukai karena bersifat mengenyangkan. Roti juga tergolong makanan yang bisa dimodifikasi dengan beragam bahan makanan lain. Misalnya, buah-buahan, cokelat, atau daging. 

Tak sulit membuat roti bagi Anda yang gemar berkreasi dengan masakan. Namun sebelum membuat, pastikan Anda tahu bahan-bahan dasar pembuat roti.

"Bahan utama pembuat roti ada empat, yakni tepung terigu, air, garam, dan ragi," ujar konsultan roti senior Herman Achmad, dalam acara bertajuk Manfaat Roti Sehat Bagi Tubuh Kita, di Jakarta, Rabu (6/4/2016).

Jika ingin membuat roti, Herman menyarankan memakai tepung dengan kadar gluten tinggi.

"Kandungan gluten yang tinggi mampu menahan gas keluar saat proses fermentasi. Ini yang membuat roti mengembang dan empuk," kata Herman, menjelaskan.

Kadar gluten yang tinggi juga membuat proses pengadukan menjadi lebih mudah. Selain itu, jangan lupa tambahkan air garam agar adonan elastis dan stabil.

Peran ragi dalam pembuatan roti juga tak kalah penting. Ragi mengubah karbohidrat dan gula menjadi gas karbondioksida dan alkohol dalam bentuk etanol yang berfungsi mengembangkan adonan dan memberi bau harum pada roti. 

"Untuk membuat roti dasar, komposisi yang baik adalah tepung 100 persen, ragi dan garam masing-masing 1,5 persen, dan air sebanyak 62 persen," jelasnya.

Bila Anda ingin menambahkan gula sebagai pemanis atau pewarna, gunakan sebanyak 15 persen dari jumlah tepung terigu.
Baca Berita Asal
Cara Membuat Sendiri Roti di Rumah
Rona Kehidupan

Bagikan Berita Ini

0 Response to "Cara Membuat Sendiri Roti di Rumah"

Post a Comment

Powered by Blogger.