Search This Blog

Peneliti Sedang Kembangkan Obat untuk Kurangi Nafsu Makan

Metrotvnews.com, Jakarta: Sebuah studi mengungkapkan bahwa sebuah gen yang bertugas mengontrol asupan makan dengan cara memberi rasa kenyang dapat membantu mengurangi siklus makan berlebih dan malas olahraga. 

Penemuan tersebut dapat dijadikan alasan untuk pengembangan obat yang dapat membantu mengontrol obesitas dengan cara mengurangi nafsu makan dan meningkatkan keinginan olahraga. 

Studi yang dipublikasikan dalam jurnal Proceedings of the National Academy of Sciences menemukan adanya sebuah gen, yang memberikan kode sebuah faktor transkripsi bernama ETS-5, yang mengontrol sinyal dari otak ke usus. 



Penemuan ETS-5 adalah penemuan pertama terkait pengaturan molekul dalam gen. Saat ini pembuatan obat-oatan tengah dikembangkan unruk mengontrol otak dan usus dalam hal makan dan aktivitas. Para peneliti menemukan gen tersebut pada cacing, namun mereka mengklaim manusia memiliki gen serupa. 

(Baca juga: Cara Turunkan Berat Badan Tanpa Diet Ketat)

"Gen ETS terdapat dalam manusia dan sebelumnya telah dihubungkan pada obesitas. Kini kami sedang memelajari apakah jenis gen ini dapat mengontrol asupan makanan lewat sistem umpan balik pada otak, ini adalah merupakan target obat yang kredibel untuk pengobatan obesitas," tukas salah satu peneliti Roger Pocock, asisten profesor di Monash University di Melbourne, Australia.

Para peneliti mempelajari cacing gelang yang memiliki 302 neuron dan 8 ribu sinapsis (penghubung antar-neuron) yang sudah dipetakan.

Cacing gelang dan manusia berbagi gen hingga 80 persen dimana sebagian besar gen tersebut menyebabkan penyakit pada manusia. 

"Karena cacing gelang membagi banyak gen dengan manusia, maka hewan tersebut adalah sistem model yang bagus untuk investigasi dan mendapatkan pengertian lebih baik dari proses metabolisme," tukas Pocock.

Para peneliti menemukan peran faktor transkripsi ETS-5 dengan menganalisis neuron tunggal dalam otak cacing dan pemantauan respon terhadap makanan.



<iframe class="embedv" width="620" height="415" src="http://ift.tt/2c6980U; frameborder="0" scrolling="no" allowfullscreen></iframe>
Baca Berita Asal
Peneliti Sedang Kembangkan Obat untuk Kurangi Nafsu Makan
Rona Kehidupan

Bagikan Berita Ini

0 Response to "Peneliti Sedang Kembangkan Obat untuk Kurangi Nafsu Makan"

Post a Comment

Powered by Blogger.