Search This Blog

Karies Pengaruhi Tumbuh Kembang Anak

Metrotvnews.com, Jakarta: Kesehatan gigi saat ini belum menjadi perhatian umum. Padahal, masalah kesehatan oral sudah bisa terjadi sejak usia dini, dan berpengaruh terhadap tumbuh kembang anak.

Data Riset Kesehatan Dasar (Riskesdas) menyebutkan bahwa masalah utama kesehatan gigi anak di Indonesia masih didominasi oleh karies, atau lebih dikenal dengan gigi berlubang. Masalah ini mengalami peningkatan dari 2007 ke 2013, dari 43,4 persen menjadi 53,2 persen. Sementara itu, prevalensi karies di Indonesia pada 2007 mencapai 90 persen pada anak balita.

"Jumlah masalah karies anak lebih dari 50 persen pada negara berkembang, dan sekitar 30 persen di negara maju," ujar drg Felicia Melati, Sp.KGA dalam seminar media Bamed Dental Care Peduli Kesehatan Gigi Anak, Selasa (28/2/2017).

Sebuah data dari California Dental Association juga menunjukkan bahwa sekitar 50 persen anak TK pernah mengalami sakit gigi, dimana 28 persen diantaranya menderita karies yang tidak diberi perawatan tepat, dan 19 persen lainnya mengalami perluasan karies dalam tingkat parah.

Data tersebut juga menyebutkan bahwa lebih dari 70 persen anak yang duduk di bangku kelas 3 Sekolah Dasar pernah mengalami sakit gigi, dan tiap tahun sekitar setengah juta anak tidak masuk sekolah karena gangguan kesehatan oral.

Karies merupakan masalah gigi yang kompleks, disebabkan karena berbagai faktor dan bisa terjadi pada semua kalangan usia. Gangguan tersebut terjadi karena rusaknya jaringan permukaian email (bagian terluar gigi) dan dentin akibat demineralisasi gigi. Bakteri yang terlalu banyak dalam gigi membuat tingkat keasaman dalam gigi menurun, bersamaan dengan menurunnya mineral gigi.

"Anak-anak baru mulai mengeluh sakit gigi biasanya kalau sudah terkena ke bagian pulpa - ruangan dalam gigi yang berisi jaringan saraf dan pembuluh darah - karena mulai terasa linu saat muncul rangsangan ketika makan atau minum," terangnya.

Bila sudah sampai tahap infeksi, rangsangan bisa muncul spontan dan jenis perawatan yang digunakan untuk menyembuhkan karies juga akan semakin kompleks.

Karies jelas berpengaruh terhadap tumbuh kembang anak. Saat gigi terasa sakit, anak menjadi sulit makan, sulit berpikir, dan tidak bersemangat untuk beraktivitas.
Baca Berita Asal
Karies Pengaruhi Tumbuh Kembang Anak
Rona Kehidupan

Bagikan Berita Ini

0 Response to "Karies Pengaruhi Tumbuh Kembang Anak"

Post a Comment

Powered by Blogger.