Search This Blog

Tips Menghindari Terlalu Banyak Kalori

Metrotvnews.com, Jakarta: Mengonsumsi terlalu banyak kalori tidak baik bagi tubuh. Hal ini akan berdampak pada berat badan dan juga lemak dalam tubuh.

Ada beberapa cara untuk menghindari terlalu banyak kalori, dan perlu Anda ketahui seperti berikut ini:

1. Minum teh atau kopi tawar
Sebuah studi baru yang dilakukan Public Health menyebutkan bahwa orang yang gemar minum kopi hitam sama dengan mengonsumsi 69 lebih sedikit kalori per hari dibandingkan mereka yang menambahkan krimer, gula dan tambahan lain dalam cangkir. Sementara bagi peminum teh, menghemat sekitar 43 kalori sehari.



2. Jangan lewatkan sarapan kaya serat
Jika memilih sarapan sereal yang kaya serat, maka Anda akan merasa kenyang lebih lama. Juru bicara Academy of Nutrition and Dietetics sekaligus instruktur klinik di Baylor College Medicine Kristi King mengatakan, sarapan oats adalah pilihan yang terbaik.

Lalu, dalam sebuah studi Annals of Nutrition and Metabolism yang dilakukan pada tahun 2015 menunjukkan bahwa responden yang mengonsumsi oatmeal memiliki kalori 31 persen lebih sedikit pada makan siang dibanding mereka yang makan cornflakes manis.

(Baca juga: Diet Belum Berhasil? Coba Cek Kalori Makanan yang Anda Konsumsi)

3. Hindari minuman bersoda
Mengurangi satu kaleng minuman soda bisa menghemat sekitar 150 kalori. "Tips untuk menghindari minum soda dari saya adalah perbanyak minum air mineral," tukas Kristi. Anda dapat menambahkan buah atau sedikit pemanis bila ingin menambah rasa. 

4. Perbanyak protein
Perbanyak makan makanan yang mengandung protein. Ini bisa Anda temukan pada kacang-kacangan, biji-bijian, daging tanpa lemak, kedelai dan susu. Mengonsumsinya dapat mengurangi rasa lapar pada sore hari.

Hal tersebut diperkuat dengan hasil dari sebuah penelitian yang diterbitkan dalam Journal of Academy of Nutrition and Deititics menemukan bahwa makanan tinggi protein membuat diri Anda merasa kenyang lebih lama.



5. Pesan makanan sebelum lapar

Jika tempat makan siang favorit Anda menyediakan sistem delivery order, itu menguntungkan bagi Anda. Studi yang diterbitkan dalam Journal of Marketing Research mengemukakan kalau orang yang memilih makanan satu jam sebelum makan cenderung memesan makanan dengan kandungan kalori lebih sedikit. Penulis dalam jurnal tersebut juga mengatakan bahwa bila makan menunggu lapar dapat mengakibatkan overindulging.

6. Kurangi minyak goreng
 Juru bicara Academy of Nutrition and Dietetics sekaligus instruktur klinik di Baylor College Medicine Kristi King memaparkan bahwa ketika Anda menumis sayuran, sebaiknya tak menggunakan minyak untuk menghindari kalori.

"Salah satu hal yang terbaik untuk dilakukan adalah dengan menggunakan semprotan anti lengket dalam panci Anda, misalnya kaldu sayuran. Ini akan membantu mencegah lengket dan memberikan cita rasa lebih pada masakan. Perlu diketahui, satu sendok makan minyak terdapat sekitar 120 kalori," tambah Kristi.

7. Jangan makan di depan tv
Kristi mengatakan bahwa makan sambil menonton televisi adalah hal yang buruk. Hal ini akan membuat diri Anda tanpa sadar makan dalam porsi berlebih.

Sebuah studi yang dilakukan JAMA International Medicine pada 2014 menemukan bahwa orang yang menonton film laga sambil makan akan memiliki lebih banyak kalori dibanding dengan mereka yang menonton talkshow ringan. 



<iframe class="embedv" width="620" height="415" src="http://ift.tt/2c6980U; frameborder="0" scrolling="no" allowfullscreen></iframe>
Baca Berita Asal
Tips Menghindari Terlalu Banyak Kalori
Rona Kehidupan

Bagikan Berita Ini

0 Response to "Tips Menghindari Terlalu Banyak Kalori"

Post a Comment

Powered by Blogger.