Search This Blog

Pentingnya Menjaga Gigi Susu Si Kecil

Metrotvnews.com, Jakarta: Kebanyakan orangtua kurang memerhatikan kesehatan dari gigu susu atau gigi sulung anak mereka. Padahal, gigi tersebut berperan dalam berbagai aspek dari segi tumbuh kembang anak, baik secara fisik maupun mental.

"Banyak orangtua justru mempertanyakan untuk apa merawat gigi susu yang nantinya akan diganti, padahal gigi tersebut penting dalam berbagai hal, termasuk sosial, emosi, dan tumbuh kembang," tukas drg. Felicia Melati, Sp.KGA dalam seminar media Bamed Dental Care Peduli Kesehatan Gigi Anak, Selasa (28/2/2017).

Ia menjelaskan, kerusakan gigi sulung dapat menyebabkan proses masuknya nutrisi ke dalam mulut menjadi terganggu karena kurang nyaman saat mengunyah makanan. Jika demikian, secara otomatis tumbuh kembang tubuh pun akan mengalami hambatan.



"Sebuah penelitian yang diadakan pada tahun 2010 menyebutkan bahwa 80 persen anak-anak yang terkena karies (gigi berlubang) memiliki berat badan di bawah normal karena makannya terganggu," papar dr. Mela.

Dr. Mela juga mengungkapkan bahwa gigi susu juga berperan penting dalam menjaga benih gigi permanen yang posisinya berada di bawah gigi susu. Gigi susu tersebut menjadi pelindung sekaligus petunjuk untuk kemunculan gigi permanen kelak.

(Baca juga: Solusi Atasi Pertumbuhan Gigi Pertama Anak)

Selain itu, anak yang mengalami kerusakan gigi susu juga cenderung mengalami gangguan bicara pada huruf tertentu, seperti pelafalan yang kurang jelas saat menyebutkan huruf P atau S. 



Rasa tak nyaman seperti ngilu pada gigi juga dapat membuat anak tak bisa beristirahat dengan tenang di malam hari karena munculnya rangsangan spontan akibat bakteri yang mengikis bagian dalam gigi.

Secara mental, kepercayaan diri anak yang mengalami kerusakan gigi susu juga ikut terpengaruh dimana ia merasa malu memiliki gigi yang tak normal dan menerima berbagai cemooh terkait masalah gigi yang dialami dari teman sebaya.

Dr. Mela menyarankan untuk mulai melakukan perawatan gigi anak sejak berusia 12 bulan, dimana beberapa gigi sudah mulai tumbuh. Dengan demikian, risiko terjadinya karies atau gangguan gigi lain dapat diminimalkan. 



<iframe class="embedv" width="620" height="415" src="http://ift.tt/2eS7WyB; frameborder="0" scrolling="no" allowfullscreen></iframe>

Baca Berita Asal
Pentingnya Menjaga Gigi Susu Si Kecil
Rona Kehidupan

Bagikan Berita Ini

0 Response to "Pentingnya Menjaga Gigi Susu Si Kecil"

Post a Comment

Powered by Blogger.