Search This Blog

PoundFit, Olahraga Baru Menggunakan Tongkat Penggebuk

Metrotvnews.com, Jakarta: Tak sedikit olahraga yang menggunakan alat untuk membuat aktivitas fisik tersebut makin maksimal. Demikian juga dengan salah satu jenis olahraga baru yang Agustus 2016 lalu masuk ke Indonesia, yaitu PoundFit.

PoundFit adalah olahraga kelompok yang menggunakan alat bantu bernama RipStix dengan bentuk semacam tongkat drum. Olahraga ini memang terinspirasi dari permainan drum.

Kedua penemunya, yaitu Kirstem Potenza dan Christina Peerenboom, adalah pemain drum yang mulai mengembangkan olahraga kardio tersebut pada 2005.



"Olahraga ini pada dasarnya ingin membuat orang bersenang-senang sambil berolahraga, jadi bisa dibawa seru. Ibaratnya, inner rockstar jadi keluar," ujar Denok selaku Pound Pro (sebutan untuk instruktur Pound Fit) saat ditemui dalam peluncuran produk UNIQLO Sport, Kamis (23/2/2017) lalu.

Olahraga tersebut melatih bagian inti tubuh secara keseluruhan dimana terjadi pembagian beban tubuh agar tidak berpusat pada bagian bawah saja dengan fokus pada bagian perut hingga paha, termasuk tulang belakang.

"Kalau salah satu dari tiga bagian tersebut, berarti tidak ada keseimbangan pada bagian lain," tukas Wulan, rekan Denok di Sana Studio Jakarta, saat ditemui pada kesempatan yang sama.

Pada dasarnya, saat melakukan semua gerakan, bagian otot perut harus dikencangkan agar kekutan lebih stabil dan bagian tubuh lain juga ikut tertarik.

(Baca juga: Berenang, Olahraga Tepat Untuk Anak Obesitas)

"Ini adalah bagian tubuh yang paling jarang dilatih orang. Biasanya saat berolahraga, seperti lari, mereka tidak menarik perut. Padahal di situ poinnya," papar Denok.



Olahraga yang memakan waktu 45 menit dalam satu sesi tersebut rupanya mendapat animo positif dari para pecinta olahraga. Sejak diperkenalkan pada Agustus 2016, hingga kini jumlah pengikutnya telah mencapai 100 orang di Sana Studio Jakarta.

Semua kalangan usia, dari remaja hingga orang dewasa lansia yang masih sehat, bisa menggeluti olahraga yang memiliki banyak gerakan modifikasi tersebut untuk menyesuaiakan kemampuan peserta.

Namun, olahraga tersebut tidak dianjurkan oleh mereka yang memiliki lutut bermasalah karena sebagian besar gerakan dalam PoundFit bertumpu pada bagian kaki tersebut.

PoundFit sebaiknya dilakukan secara rutin sebanyak dua kali seminggu karena jika dilakukan secara berlebihan juga tak akan memberi hasil maksimal, justru tubuh bisa kelelahan. 



<iframe class="embedv" width="620" height="415" src="http://ift.tt/2l6H3dF; frameborder="0" scrolling="no" allowfullscreen></iframe>
Baca Berita Asal
PoundFit, Olahraga Baru Menggunakan Tongkat Penggebuk
Rona Kehidupan

Bagikan Berita Ini

0 Response to "PoundFit, Olahraga Baru Menggunakan Tongkat Penggebuk"

Post a Comment

Powered by Blogger.