Search This Blog

Penyebab Anda Terlambat Menstruasi Selain Hamil

Metrotvnews.com, Jakarta: Telat mesntruasi tak selalu berarti terjadi pembuahan dalam organ reproduksi. Bisa saja itu pertanda bahwa tubuh mengalami gangguan.

Apa saja penyebab terlambat menstruasi selain karena kehamilan?

1. Stres
Stres dapat memengaruhi salah satu area otak tempat pengaturan hormon menstruasi bernama hipotalamus. Ketika menghadapi kejadian yang membuat perasaan tertekan, seperti ditinggalkan orang terkasih, maka bisa jadi itu adalah alasan mengapa menstruasi terlambat.

2. Penyakit tiroid
Ketidakseimbangan tiroid, seperti hipotiroidisme atau hipertiroidisme, dapat menyebabkan menstruasi terlambat. Oleh karena itu, jika Anda mengalami gejala penyakit tiroid, segera pergi ke dokter.

3. Penyakit kronik
Beberapa jenis penyakit kronik yang dibiarkan begitu saja tanpa diobati dapat memengaruhi fungsi tubuh secara umum dan menunjukkan gejala awal melalui menstruasi yang tak tepat waktu.

4. Pil KB
Terlambat, bahkan tidak, menstruasi adalah salah satu efek samping dari penggunaan pil KB. Olehkarenaitu, sebaikny aginakan kontrasepsi lain seperti IUD, implan, atau suntik.

5. Menopause dini
Meskipun tak umum, menopause dini bisa terjadi pada wanita yang menginjak usia 40 tahum, atau biasa disebut kegagalan ovarium prematur. Gejala yang muncul adalah terlambat mesntruasi, keringat di malam hari, hot flash, dan kering pada daerah vagina.

6. PCO
Sindrom ovarium polikistik (PCO) yang diakibatkan karena ketidakseimbangan hormon dapat mengakibatkan menstruansi tak menentu. Selain itu, pertumbuhan rambut pada daerah wajah dan dada dan kehilangan berat badan juga merupakan ciri lain PCO.

 
Baca Berita Asal
Penyebab Anda Terlambat Menstruasi Selain Hamil
Rona Kehidupan

Bagikan Berita Ini

0 Response to "Penyebab Anda Terlambat Menstruasi Selain Hamil"

Post a Comment

Powered by Blogger.