Search This Blog

Penyebab Siklus Menstruasi datang Lebih Awal

Metrotvnews.com, Jakarta: Bagi para wanita yang terbiasa memiliki siklus menstruasi normal kemudian tiba-tiba menjadi lebih cepat, tentu muncul perasaan waspada. Mengapa hal tersebut bisa terjadi?

"Ada beberapa alasan mengapa siklus menstuasi sehari hingga seminggu lebih cepat. Namun, perubahan siklus yang normalnya terjadi selama 28 hari tersebut adalah hal yang cukup umum," ujar dr Maya Lulla, konsultan dokter kandungan dan ginekolog di Nanavati Super Speciality Hospital, India.

Ia menjelaskan, siklus tercepat terjadi dalam 21 hari dan terlama pada 35 hari. Namun, datangnya menstruasi lebih cepat 5-7 hari adalah sesuatu yang tak perlu dicemaskan.

Namun, jika perbedaan hari menstruasi lebih dari tujuh hari masih terjadi dalam beberapa bulan, segera konsultasikan dengan dokter.

Ada beberapa penyebab umum mengapa seseorang mengalami percepatan siklus mentruasi, seperti stres karena pekerjaan sehingga membuat hormon dalam tubuh tidak seimbang. Selain itu, gangguan emosional juga bisa menyebabkan siklus menstuasi tak menentu.

Konsumsi obat-obatan tertentu, seperti pil KB, juga bisa menyebabkan perubahan siklus menstruasi. Jadi, jika Anda menggunakan alat kontrasepsi oral tersebut, kesempatan tersebut tentu ada.
Baca Berita Asal
Penyebab Siklus Menstruasi datang Lebih Awal
Rona Kehidupan

Bagikan Berita Ini

0 Response to "Penyebab Siklus Menstruasi datang Lebih Awal"

Post a Comment

Powered by Blogger.