Search This Blog

Panduan Mencuci Benda yang Digunakan Sehari-hari

Metrotvnews.com, Jakarta: Terkadang, kita sering melupakan kebersihan barang-barang di sekitar karena selalu menggunakannya dalam keseharian. Padahal, banyak kuman yang menempel dan perlu dibersihkan agar Anda tetap nyaman menggunakannya.

Berikut adalah anjuran pencucian beberapa benda di sekitar rumah yang perlu Anda perhatikan.

1. Lantai/karpet

Sebaiknya lantai dipel sehari sekali, sementara karpet sebaiknya dibersihkan dengan vacuum cleaner seminggu sekali. Selain itu, bersihkan lantai dengan memindahkan karpet sekali setahun. Lantai dan karpet adalah salah satu sarang terbesar untuk bakteria jika tak rajin dibersihkan.

2. Seprai

Banyak debu menempel di kasur sehingga bisa meningkatkan risiko penyakit eksema, alergi serbuk bunga, asma, dan berbagai alergi lain. Oleh karena itu, rajinlah bersihkan seprai seminggu, kalau bisa dengan air hangat, sekali agar kehigienisan tetap terjaga.

3. Wastafel

Bersihkanlah wastafel setiap hari karena kemungkinan sisa makanan menempel dan tertinggal di sekitar tempat cuci tersebut.

4. Pakaian dalam

Pakaian dalam harus dibersihkan setiap hari. Bra bisa digunakan 2-3 kali sebelm digunakan, namun hindari menggunkan bra yang sama dua hari beturut-turut.

5. Rambut

Mencuci rambut setiap hari justru dapat menghilangkan minyak alami pada rambu. Namun, jika Anda tidak membersihkannya secara rutin, makan berbagai benda asing seperti debu dan bakteri dapat menyebabkan rasa gatal dan alergi kulit di kepala.

6. Dompet

Dompet ternyata memiliki banyak bakteri. Oleh karena itu, bersihkan dengan cara melap dompet dengan permukaan kulit seminggu sekali agar tetap higienis.

7. Toilet

Sediakan waktu seminggu sekali untuk membersihkan ruangan yang setiap hari Anda  pakai untuk mandi. Sikatlah seluruh permukaan yang berisiko sebagai tempat menempelnya bakteri.

8. Handuk

Cucilah handuk seminggu sekali, akan lebih baik dengan air hangat. Selain itu, pastikan handuk basah dikeringkan di bawah paparan sinar matahari setelah dipakai.

9. Bantal

Bantal bisa menjadi tempat menumpuknya debu. Bersihkanlah 2-3 bulan sekali untuk menghindari kulit gatal dan alergi debu.

10. Kulkas

Lap bagian daqlam kulkas sekali seminggu dengan menggunakan cuka agar terbebas dari perkembangan bakteri.
Baca Berita Asal
Panduan Mencuci Benda yang Digunakan Sehari-hari
Rona Kehidupan

Bagikan Berita Ini

0 Response to "Panduan Mencuci Benda yang Digunakan Sehari-hari"

Post a Comment

Powered by Blogger.