Search This Blog

Mengetahui Masalah Kesehatan Lewat Mata

Metrotvnews.com, Jakarta: Mata bisa mengisyaratkan banyak hal. Termasuk memberikan isyarat terhadap masalah kesehatan yang bisa saja menyerang tubuh.

Berikut ini daftar cara mata memberikan sinyal terhadap masalah yang ada pada tubuh.

1. Penglihatan ganda
Jika mengalami penglihatan ganda atau pandangan semakin kabur, ini adalah salah satu indikator stroke. Sebaiknya segera periksakan ke dokter.

2. Mata melotot
Saat merasa bahwa mata terlihat seperti melotot, Anda perlu waspada. Kemungkinan Anda terserang masalah tiroid, yang bisa disebabkan oleh hipertiroidisme.



3. Cincin abu-abu di kornea
Bila menjumpai seperti cincin berwarna abu-abu di sekitar kornea, ini ada hubungannya dengan kolesterol tinggi dan trigliserida. Keduanya berpotensi meningkatkan resiko serangan jantung dan stroke. Segera cek darah bila mata Anda dalam kondisi demikian.

4. Titik buta
Apakah Anda memiliki titik buta (blind spot) atau gelombang baris di mata? Ini adalah gejala migrain dan sakit kepala.

5. Pandangan kabur
Menatap layar sepanjang hari membuat mata tertekan. Sehingga tidak heran bila pandangan kabur ini terjadi, dan umumnya pada orang-orang yang bekerja di depan komputer. Tapi jika terus menerus, bisa jadi menunjukkan masalah dalam penglihatan.

(Baca juga: Tips Menjaga Kesehatan Mata)



6. Mata kuning
Mata kuning bisa jadi gejala dari penyakit kuning atau juga hemoglobin yang rendah, dan menunjukkan bahwa hati tak berfungsi dengan baik. Masalah ini umum terjadi pada orang dewasa dan anak-anak. 

7. Pandangan kabur orang diabetes
Jika Anda menderita diabetes dan merasa penglihatan semakin kabur, bisa jadi ini pertanda masalah mata yang serius yakni retinopati diabetik. 

Retinopati diabetes dapat mempengaruhi sistem peredaran darah pada mata, dan salah satu penyebab utama kebutaan belakangan ini.

8. Timbil
Timbil ini umum terjadi tapi bisa juga menyakitkan sekaligus menjengkelkan. Biasanya timbil bisa menghilang sendiri dalam beberapa hari, tapi bila tidak hilang dalam waktu dua sampai tiga bulan, Anda perlu waspada. Sebab ini bisa saja menjadi tanda dari satu jenis kanker langka, yakni karsinoma kelenjar sebasea.

9. Rambut alis rontok
Hal ini sangat umum terjadi, tapi jika berlebihan, rontoknya rambut alis menjadi tanda gizi buruk, kurang gizi dan lain sebagainya. 

Tapi jika semakin menipis, menunjukkan Anda menderita tiroid. Pastikan Anda konsultasikan pada dokter untuk diperiksa. 



<iframe class="embedv" width="620" height="415" src="http://ift.tt/2kYiArD; frameborder="0" scrolling="no" allowfullscreen></iframe>
Baca Berita Asal
Mengetahui Masalah Kesehatan Lewat Mata
Rona Kehidupan

Bagikan Berita Ini

0 Response to "Mengetahui Masalah Kesehatan Lewat Mata"

Post a Comment

Powered by Blogger.