Search This Blog

Ini Penyebab Sakit Kepala Saat Bangun Tidur

Metrotvnews.com, Jakarta: Sering bangun di pagi hari dengan sakit kepala? Ini tentu sangat mengganggu aktivitas harian Anda. Meski terdengar sederhana, ini sebenarnya bukan hal yang biasa.

50 persen migrain atau sakit kepala sebelah menyerang antara pukul 04.00 hingga 09.00. 80 persen penderita migrain bangun dalam keadaan yang lelah.

Tidur dan sakit kepala saling berkaitan karena keduanya merupakan daerah yang sama dari kontrol otak. Karenanya, gangguan tidur dapat memicu sakit kepala saat bangun di pagi hari.

Berikut ini adalah penyebab paling umum yang berhubungan dengan sakit kepala setelah bangun tidur.



1. Insomnia
Terlalu sedikit waktu tidur Anda dapat menjadi pemicu untuk sakit kepala. Insomnia merupakan keluhan utama penderita sakit kepala. 

Perbanyak waktu tidur Anda dapat mengurangi rasa sakit kepala. Namun, jangan terlalu banyak tidur karena ini juga bisa memicu migrain.

2. Mendengkur
Mendengkur juga merupakan faktor pemicu sakit kepala kronis. Mendengkur juga merupakan gejala gangguan tidur atau sleep apnea yang dapat membahayakan nyawa Anda. Pasalnya, saat mendengkur Anda bisa berhenti bernapas tanpa disadari saat tertidur.

(Baca juga: Kenali Sleep Apnea si Gangguan Tidur)



3. Bruxism
Ini merupakan kondisi di mana seseorang melakukan gemeretak atau menggeserkan gigi atas dan bawah saat tidur sehingga menimbulkan bunyi seperti orang mengunyah atau menggigit. Kondisi ini dapat memicu sakit kepala saat bangun tidur. Kebiasaan ini biasanya muncul karena stres.

4. Memakai bantal yang salah
Sakit kepala bisa terjadi karena otot-otot leher dan kulit kepala Anda tegang. Ini bisa karena posisi memakai bantal yang salah. 

Anda bisa mencoba menggunakan bantal yang membuat kepala dan leher dalam posisi netral atau lurus. Hindari tidur di ruangan yang terlalu dingin karena ini juga bisa menyebabkan kepala dan leher tegang.



<iframe class="embedv" width="620" height="415" src="http://ift.tt/2dfZsn0; frameborder="0" scrolling="no" allowfullscreen></iframe>
Baca Berita Asal
Ini Penyebab Sakit Kepala Saat Bangun Tidur
Rona Kehidupan

Bagikan Berita Ini

0 Response to "Ini Penyebab Sakit Kepala Saat Bangun Tidur"

Post a Comment

Powered by Blogger.