Search This Blog

Demi Kebaikan Tubuh, Lakukan 4 Hal Ini Usai Olahraga

Metrotvnews.com, Jakarta: Semua orang mungkin sudah tahu manfaat olahraga bagi kesehatan. Namun, tak semua orang tahu bahwa setelah berolahraga, ada beberapa hal yang mesti dilakukan.

Sebagian besar orang setelah berolahraga, langsung pulang ke rumah, atau lanjut melakukan aktivitas lain. Padahal, ada empat hal yang harus dilakukan usai berolahraga untuk membuat tubuh tetap sehat dan bugar. Apa saja?

1. Pendinginan

Setelah berlari, bersepeda, berenang, atau berlatih kardio, Anda perlu memperlambat kecepatan selama lima menit terakhir. Dikutip Popsugar, cara ini dilakukan sebagai bentuk pendinginan agar denyut jantung kembali ke ritme normal (sekitar 60 sampai 80 denyut per menit).

2. Peregangan

Jangan pernah melewatkan sesi peregangan karena upaya ini untuk mencegah nyeri pasca latihan dan menjaga otot tetap lentur agar terhindar dari cedera.

3. Makan

Sebenarnya makan merupakan hal yang harus dilakukan setelah berolahraga untuk mengisi kalori yang dibakar. Dianjurkan ada 150 kalori yang masuk ke dalam tubuh, makan makanan yang mengandung protein untuk membangun kembali otot. Selain itu penting juga sedikit karbohidrat untuk mengembalikan energi.

4. Hidrasi

Anda perlu mengisi ulang cairan tubuh yang hilang untuk mencegah dehidrasi dan pusing. Jika Anda berolahraga di bawah satu jam, minum air putih masih dapat menggantikan cairan tubuh yang hilang.

Namun bila Anda berolahraga lebih lama, lebih keras, dan berkeringat lebih banyak, minum air putih saja tak cukup.
Baca Berita Asal
Demi Kebaikan Tubuh, Lakukan 4 Hal Ini Usai Olahraga
Rona Kehidupan

Bagikan Berita Ini

0 Response to "Demi Kebaikan Tubuh, Lakukan 4 Hal Ini Usai Olahraga"

Post a Comment

Powered by Blogger.