Search This Blog

4 Penyebab Berat Badan Lebih Mudah Naik pada Musim Hujan

Metrotvnews.com, Jakarta: Musim hujan selalu menjadi alasan untuk kenaikan berat badan. Ya, cuaca yang dingin membuat Anda menjadi lebih mudah merasa lapar.

Banyak yang bertanya, mengapa orang cenderung mudah lapar ketika musim hujan? berikut alasannya seperti dikutip Prevention.

1. Minim aktivitas

"Turunnya suhu udara memengaruhi keinginan untuk bergerak," ujar John Raglin, PhD, peneliti bidang olahraga di Indiana University Bloomington School of Public Health.

Ditambah, ketika Anda hanya memutuskan menonton televisi di dalam rumah, besar kemungkinan Anda akan mengambil camilan untuk dimakan.  Sebuah penelitian di Portugal menemukan bahwa orang-orang yang menonton televisi lebih dari 120 menit per hari lebih berisiko mengalami kenaikan berat badan karena lebih sedikit makan buah dan sayuran.

Menurut Raglin, olahraga tak harus selalu berat. Anda bisa melakukan olahraga jalan kaki selama 15 menit usai makan siang, setiap hari secara teratur. Akan lebih baik, jika Anda memutuskan bergabung dengan klub olahraga.

2. Pilihan makanan berkalori tinggi

Saat musim hujan tiba, orang lebih mudah merasa lemas dan berpikir bahwa tubuh membutuhkan garam. Makanan asin dan berkalori tinggi dianggap lebih 'menenangkan' perut dan memberikan perasan bahagia.

"Jadi, tujuan Anda makan adalah untuk meraih kenyamanan," papar Raglin.

Penelitian sebelumnya dari University of Florida menunjukkan, bahwa mengonsumsi garam dapat meningkatkan level oksitoksin atau hormon kesenangan. Gula juga memiliki efek yang sama. Tak heran jika keripik kentang, cokelat, dan makanan siap saji menjadi favorit ketika musim hujan. Namun sayangnya, makanan ini cepat membuat timbangan Anda bergeser ke kanan.

3. Perasaan tak bersemangat

Mungkin Anda bertanya-tanya bagaimana perasaan tak bersemangat berdampak pada kenaikan berat badan. Saat musim hujan, cuaca yang mendung sedikit banyak memberi pengaruh terhadap suasana hati. Anda menjadi lebih mudah lelah, cepat marah, dan depresi. Para ahli menyebut hal ini sebagai gangguan afektif musiman.

Kondisi tersebut berdampak pada nafsu makan, dimana Anda akan lebih cenderung memilih makanan manis, bertepung, atau berkalori tinggi untuk dikonsumsi.

Begitu juga jika makanan saja tak cukup membuat Anda lebih baik, kebanyakan orang akan menambah asupan alkohol untuk meningkatkan suasana hati. Tapi itu artinya, Anda telah menambah ekstra kalori.

4. Jadwal tidur berantakan

Ketika Anda menderita gangguan afektif musiman, Anda mungkin akan mengalami kesulitan tidur, demikian penelitian dari University of Pittsburgh. Kurang tidur, efeknya dapat mengganggu kinerja leptin atau hormon pengatur rasa kenyang. Akibatnya, nafsu makan meningkat dan kenaikan berat badan tak bisa dihindari.
Baca Berita Asal
4 Penyebab Berat Badan Lebih Mudah Naik pada Musim Hujan
Rona Kehidupan

Bagikan Berita Ini

0 Response to "4 Penyebab Berat Badan Lebih Mudah Naik pada Musim Hujan"

Post a Comment

Powered by Blogger.