Search This Blog

7 Tanda Jantung Anda Sehat

Metrotvnews.com, Jakarta: Semua orang ingin memiliki jantung yang sehat. Namun, tak banyak yang tahu apa saja ciri dari jantung sehat karena terkadang lebih berfokus pada gangguan yang dialami organ tubuh tersebut.

Berikut adalah beberapa tanda jantung sehat menurut Dr. Santosh Kumar Dora selaku fisiolog jantung elektrik di Asia Heart Institute, Mumbai.

1. Selalu berenergi

Jika Anda penuh energi dari pagi hari saat bekerja hingga malam saat berkumpul bersama teman-teman, itu artinya jantung Anda sehat. Hal ini dikarenakan kelelahan qadqalah salah satu gejala jantung tak bekerja dengan baik, namun Anda tak mengalaminya.

2. Pernapasan normal

Kesulitan bernapas normal setelah berjalan atau naik tangga beberapa menit adalah salah satu gejala jantung tak sehat. Jika Anda tak mengalaminya, maka jantung Anda berfungsi dengan baik.

3. Irama jantung stabil

Irama jantung yang abnormal adalah pertanda masalah jantung. Pastikan irama jantung Anda berada di kisaran normal (72 detak per menit atau sekitar 70-80 detak per menit) dengan cara mengeceknya secara rutin.

4. Dada tak sakit

Salah satu masalah jantung yang cukup kentara adalah bagian dada yang mengencang atau sakit pada bagian tersebut terus menerus. Jika tidak, kemungkinan jantung Anda masih bekerja dengan baik.

5. Hasil check-up tahunan bagus

Jantung yang sehat menunjukkan hasil laporan check-up yang baik dalam hal kolesterol darah, tekanan darah, dan tes Elektrokardiogram (EKG).

6. BMI normal

Pertanda umum dari jantung sehat adalah indeks massa tubuh (BMI) yang ideal.

7. Olahraga tanpa kesakitan

Jika fungsi jantung baik, maka Anda tak akan merasa kesakitan atau tak nyaman setelah melakukan aktivitas fisik seperti olahraga.
Baca Berita Asal
7 Tanda Jantung Anda Sehat
Rona Kehidupan

Bagikan Berita Ini

0 Response to "7 Tanda Jantung Anda Sehat"

Post a Comment

Powered by Blogger.