Search This Blog

9 Manfaat Tidur Siang Bagi Tubuh

Metrotvnews.com, Jakarta: Jangan salah, tidur siang ternyata memberikan banyak manfaat bagi tubuh. Selain menyehatkan, tidur siang salah satunya dapat meningkatkan konsentrasi.

Pakar tidur Silentnight Dr Nerina Ramlakhan mengatakan, tidur siang tak harus dilakukan di tempat tidur. Anda juga bisa tidur siang di kursi, dengan menggunakan bantal leher yang nyaman.

Tak perlu lama-lama, tambah Nerina, tidur siang cukup dilakukan selama 10-20 menit saja, dan idealnya antara pukul 2 dan 4 sore. Ini akan membantu meningkatkan sistem kekebalan tubuh, perbaikan otot dan juga mencegah penuaan dini.

Lebih dari itu, tidur siang pun punya segudang manfaat bagi tubuh, seperti dilansir dari Female First.

1. Membantu menenangkan sistem saraf, sehingga membuat waktu tidur malam lebih nyenyak.

2. Studi menunjukkan kalau tidur siang juga dapat meningkatkan kinerja kognitif dan konsentrasi.

3. Membantu menciptakan kebiasaan baik, yakni memberikan ruang bagi diri untuk istirahat sejenak dari perangkat layar teknologi dan informasi.

4. Menyeimbangkan sistem kekebalan tubuh jika sedang pilek atau flu.

5. Baik untuk kesehatan mata, melihat layar sepanjang hari akan melemahkan otot-otot mata yang berpotensi merusak indera penglihatan. Orang yang tidur siang cenderung bermata terang saat sore hari.

6. Meningkatkan kreatifitas dan kemampuan pemecahan masalah.

7. Meredamkan stres dengan mengurangi tingkat adrenalin, terutama jika dilakukan bersamaan dengan teknik pernapasan dalam.

8. Meningkatkan mood seseorang karena tidur siang memberikan serotonin.

9. Meningkatkan kesehatan jantung, bila melakukan tidur siang secara teratur bisa mengurangi resiko kardiovaskuler dan menurunkan tekanan darah.
Baca Berita Asal
9 Manfaat Tidur Siang Bagi Tubuh
Rona Kehidupan

Bagikan Berita Ini

0 Response to "9 Manfaat Tidur Siang Bagi Tubuh"

Post a Comment

Powered by Blogger.