Search This Blog

5 Foto yang Ampuh untuk Menangkal Stres

Metrotvnews.com, Jakarta: Stres kerap membayangi hidup manusia. Beragam problematika hidup membuat banyak orang dilanda stres.

Apa yang biasanya Anda lakukan untuk meredakan stres? Mengikuti kelas yoga, berolahraga, berendam di air hangat, atau sekadar membaca novel sambil menyeruput secangkir kopi?

Selain cara tersebut, sebenarnya ada sebuah cara sederhana yang dapat Anda lakukan: memandang foto yang memancarkan rasa damai.

Ada lima foto sebagaimana dilansir Time, dapat membantu meredakan stres.

1. Pemandangan alam serba hijau

Pakar psikologi menemukan bahwa penduduk kota yang tinggal di dekat alam yang didominasi unsur warna hijau, akan lebih sedikit memiliki masalah tekanan mental. Anda tidak perlu pergi jauh untuk memandangi taman atau pemandangan alam untuk mengurangi stres, penelitian menunjukkan bahwa memandangi foto tanaman hijau membantu mengurangi stres.

2. Pemandangan Laut


(Foto:Sanctuaries)

Para ahli berpendapat, suara ombak laut memberikan rasa aman dan damai pada manusia karena air merupakan sumber kehidupan. Pemandangan laut secara alami dapat menenangkan pikiran.

3. Pola geometris alam


(Foto:Getty Images)

Pola geometris dapat ditemukan di alam, seperti pada bunga, daun, kepingan salju, delta sungai, bahkan pembuluh darah dan kulit manusia. Memandangi pola geometris dipercaya mampu memberikan efek menenangkan.

"Idenya adalah bahwa melalui evolusi, sistem visual kita telah dikembangkan untuk memproses pola geometris yang lazim di alam. Cara ini memberikan rasa rileks," ujar Richard Taylor, PhD, Direktur The Materials Science Institute dari Universitas Oregon.

4. Pola geometris buatan manusia


(Foto:Getty Images)

Pola geometris buatan manusia juga memberikan efek penenang pada otak manusia dengan cara yang sama, meskipun polanya berbeda dengan yang ditemukan di alam. Salah satu contoh arsitektur berdasarkan pola geometris yang tampak memukau dan menyejukkan mata ialah Masjid Jameh dari Isfahan di Iran.

5. Warna biru


(Foto:Pinterest)

Peneliti warna, Nancy J. Stone, PhD yang juga profesor psikologi dari Universitas Creighton, menemukan bahwa orang yang tengah mengerjakan tugas penting akan berkurang rasa cemasnya setelah melihat warna yang menenangkan, yaitu warna biru.

Dalam sebuah studi lain yang meneliti 98 mahasiswa menyebutkan, warna biru menimbulkan sejumlah besar respons emosi positif, seperti rasa ketenangan, kebahagiaan, kedamaian, harapan, dan kenyamanan. Sebaliknya, warna biru berkorelasi rendah dengan emosi negatif seperti kesedihan dan depresi.
Baca Berita Asal
5 Foto yang Ampuh untuk Menangkal Stres
Rona Kehidupan

Bagikan Berita Ini

0 Response to "5 Foto yang Ampuh untuk Menangkal Stres"

Post a Comment

Powered by Blogger.