Search This Blog

Berbahayakah Membersihkan Telinga dengan Cotton Buds?

Metrotvnews.com, Jakarta: Bersih pangkal sehat, begitulah kata pepatah. Sebagai manusia, kita perlu sadar betul untuk menjaga kebersihan.

Termasuk halnya membersihkan kotoran dalam telinga, yang lazimnya menggunakan cotton buds. Ternyata banyak ahli kesehatan dan spesialis telinga setuju bahwa penggunaan batang korek berlapis kapas atau cotton buds untuk membersihkan telinga tidaklah baik. 

Hal ini bisa berdampak buruk karena bisa menyebabkan cedera ringan di dalam telinga. Bagi yang terbiasa membersihkan indera pendengaran dengan benda ini, Anda perlu mengetahui beberapa fakta mengenai hal tersebut.



1. Apakah Anda tahu bahwa kotoran telinga mengandung sifat anti bakteri? Ya benar, yakni untuk mencegah beberapa jenis infeksi.

2. Apakah Anda tahu bahwa kotoran telinga juga merupakan penolak serangga? Hal ini untuk melindungi telinga dari serangga yang mencoba masuk ke telinga.

3. Kotoran telinga (ear wax) punya peran lain juga, yakni untuk menjaga saluran telinga terlumasi. Bila tidak, telinga akan menjadi kering dan gatal.

(Baca juga: Para Ahli Mengklaim, Membersihkan Telinga dapat Merusak Pendengaran)

4. Apakah Anda tahu apa yang terjadi ketika mencoba untuk membersihkan telinga dengan cotton buds?

Ya, hal ini bisa membahayakan gendang telinga bahkan yang paling parah dapat membuatnya pecah.

Dalam beberapa kasus, penggunaan cotton buds bisa menyebabkan gangguan pendengaran. 

5. Hal yang belum banyak diketahui adalah fakta bahwa telinga mmemiliki kemampuan untuk membersihkan kotorannya sendiri. Gerakkan otot wajah secara rutin agar membantu mengeluarkan kotoran telinga. 

Saat menguap, berbicara atau menggerakkan otot wajah inilah kotoran akan bergerak dengan sendirinya. Kotoran ini dapat diambil dengan jari saat Anda mandi.

6. Jika Anda membersihkan telinga secara teratur dengan cotton buds, justru akan membahayakannya. Hal ini dapat menyakiti bagian sensitif dalam telinga dan menyebabkan infeksi. 



<iframe class="embedv" width="620" height="415" src="http://ift.tt/2kB3vv1; frameborder="0" scrolling="no" allowfullscreen></iframe>
Baca Berita Asal
Berbahayakah Membersihkan Telinga dengan Cotton Buds?
Rona Kehidupan

Bagikan Berita Ini

0 Response to "Berbahayakah Membersihkan Telinga dengan Cotton Buds?"

Post a Comment

Powered by Blogger.