Search This Blog

Apakah Berbagi Sikat Gigi Berbahaya?

Metrotvnews.com, Jakarta:  Jika Anda sedang menginap atau bepergian lalu lupa membawa sikat gigi, ada baiknya Anda tidak memakai punya orang lain. 

Hal ini karena menurut studi yang dipublikasi dari Journal of Clinical Microbiology, mulut adalah rumah bagi 700 spesies bakteria. Bakteria yang dengan sanga mudah terbagi ke orang lain melalui minuman, ciuman, dan memakai sikat gigi orang lain. 



Karena secara teknik jika Anda memakai sikat gigi orang lain, ini sama saja seperti menukar saliva (air liur) orang, dan 700 bakteria yang terdapat di dalamnya mungkin saja tidak berbahaya, namun pada beberapa sikat gigi ditemukan juga bakteri staph dan E. coli, yang bisa menyebabkan infeksi dan sakit.

(Baca juga: Trik Menyikat Gigi dengan Benar)

"Ini mirip seperti bagaimana flu bisa tersebar dengan mudah," ucap Steven F. Schwartz, DDS, dokter gigi di New York, Amerika.

Flu, pilek dan radang tenggorokan merupakan penyakit yang mudah menular, khususnya bagi anak-anak.


Apalagi jika Anda bertukar sikat gigi, beberapa penyakit seperti herpes, pneumonia, dan HIV juga HPV bisa menular via bertukar sikat gigi.



<iframe class="embedv" width="620" height="415" src="http://ift.tt/2lpTyCV; frameborder="0" scrolling="no" allowfullscreen></iframe>

Baca Berita Asal
Apakah Berbagi Sikat Gigi Berbahaya?
Rona Kehidupan

Bagikan Berita Ini

0 Response to "Apakah Berbagi Sikat Gigi Berbahaya?"

Post a Comment

Powered by Blogger.