Search This Blog

5 Makanan Ini Membantu Tidur Lebih Cepat

Metrotvnews.com, Jakarta: National Sleep Foundation merekomendasikan setiap orang untuk tidur selama tujuh sampai sembilan jam. Tapi banyak di antara kita tidur kurang dari jam yang dianjurkan, dan bahkan hanya beberapa jam saja.

Padahal tidur yang teratur seperti waktu yang disarankan dapat memberikan dampak positif bagi tubuh. 

Di antaranya membantu Anda lebih merasa bahagia, mempertajam pikiran, meningkatkan sistem ketahanan tubuh, membantu untuk memiliki sikap positif tentang kehidupan, membuat kulit bersinar, menurunkan resiko tekanan darah tinggi, serta jantung. 

Bila Anda mengalami masalah tidur, ada solusi sederhana yang membantu Anda agar tidur lebih cepat. Makanan ini dapat membantu Anda untuk terlelap lebih cepat.



1. Ceri
Ceri mengandung banyak melatonin, yakni senyawa kimia yang dapat membantu mengontrol jam internal tubuh (metabolisme). 

Berdasarkan studi yang dilakukan Journal of Experimental Botany, makan ceri, khususnya yang terdapat pada roti tart beberapa jam sebelum tidur akan membantu Anda mendapatkan tidur yang lebih baik. 

Jika tidak ada ceri segar, Anda dapat memilih jus dan ceri kering atau ceri beku. Sedangkan menurut para ilmuwan dari perguruan tinggi di Pennsylvania dan Rochester, juga membenarkan bahwa minum secangkir jus ceri dua kali sehari dapat membantu untuk tidur lebih cepat.

2. Susu hangat
Minum segelas susu hangat dapat membantu Anda untuk tidur lebih cepat. Susu terdiri dari asam amino triptofan, prekursos serotonin kimia ptak.

riptofan serta seratonin membantu Anda untuk tidur lebih cepat pada malam hari. Susu juga merupakan sumber kalsium yang membantu memodulasi produksi melatonin.

(Baca juga: 8 Makanan untuk Membantu Anda Tidur)

3. Beras melati
Dalam sebuah penelitian yang dilakukan American Journal of Clinical Nutrition, orang yang makan beras melati akan tertidur lebih cepat dibandingkan dengan yang makan nasi dari jenis beras lain. 

Hal ini juga dapat meningkatkan produksi triptofan serta serotonin dalam darah, yang mendorong tubuh untuk tidur.

4. Pisang
Pisang memiliki relaksan otot alami, magnesium, juga potasium yang membantu seseorang mengantuk. Buah ini juga merupakan sumber vitamin B6, yang dibutuhkan tubuh untuk merangsang hormon melatonin. Kandungan karbohidrat yang tinggi pada pisang juga membuat tubuh Anda mengantuk.



5. Ikan tuna
Menurut sebuah artikel yang diterbitkan Annals of NY Academy of Sciences, tuna mengandung vitamin B6 jenuh yang dibutuhkan tubuh untuk memproduksi serotonin dan melatonin. 

Serotonin adalah neurotransmitter yang mendorong seseorang untuk beristirahat, sementara melatonnin adalah hormon tubuh yang memicu tubuh seseorang untuk tidur. 



<iframe class="embedv" width="620" height="415" src="http://ift.tt/2cLulPL; frameborder="0" scrolling="no" allowfullscreen></iframe>
Baca Berita Asal
5 Makanan Ini Membantu Tidur Lebih Cepat
Rona Kehidupan

Bagikan Berita Ini

0 Response to "5 Makanan Ini Membantu Tidur Lebih Cepat"

Post a Comment

Powered by Blogger.