Search This Blog

Sehatkah Mengonsumsi Makanan yang Sama Setiap Hari?

Metrotvnews.com, Jakarta: Beberapa orang lebih suka menyantap makanan yang sama hampir setiap harinya. Meskipun membosankan, tapi lebih gemar mengonsumsi sarapan, makan siang dan makan malam yang sama. 

Misalnya saja sarapan dengan sereal, nasi ayam saat makan siang dan seporsi mie rebus kala makan malam. Sehatkah yang demikian itu? Padahal mengganti-ganti menu itu penting. Di bawah ini akan dibahas lebih lanjut.



1. Buah 
Bila mengisi piring dengan berbagai buah-buah atau sayuran yang sama, itu tidak apa-apa. Sebab Anda telah mendapatkan berbagai nutrisi dan antioksidan dari keduanya. 

Jadi jika Anda tak ingin memasak atau mencoba resep baru, teruslah tambahkan berbagai buah-buahan dan sayuran saat makan.

2. Nutrisi yang sama
 Salah satu kelemahan mengonsumsi makanan yang sama tiap harinya adalah Anda hanya akan mendapatkan nutrisi yang sama, dan tubuh kekurangan asupan nutrisi lainnya. Dalam jangka panjang, hal ini dapat menyebabkan kekurangan vitamin dan mineral.



3. Junk food 
Ketika menyantap makanan yang sama, Anda akan merasa bosan. Kebosanan ini kemudian akan membuat Anda ngidam terhadap suatu makanan, dan untuk memenuhinya, akhirnya junk food yang menjadi pilihan.

(Bava juga: Nutrisi yang Dibutuhkan Mata Selain Vitamin A)

4. Nutrisi lain 
Bahkan sekalipun bila makanan yang dikonsumsi penuh gizi, namun menyantap hidangan yang sama dapat mengakibatkan tubuh kekurangan asupan nutrisi lain. 

Misalnya saat diet, Anda hanya makan makanan bergizi saja. Tapi itu belum cukup sehat.

Bila diet tak memiliki prebiotik, kesehatan akan terganggu. Sebaiknya Anda mengubah berbagai buah-buahan yang Anda makan jika ingin mendapatkan lebih banyak nutrisi.

5. Nutrisi proporsional 
Alasan mengapa perlu memvariasikan makanan adalah tidak ada makanan yang jenisnya sama tiap hari memiliki gizi yang beragam. 

Anda membutuhkan semua nutrisi yang proporsional tiap harinya untuk hidup sehat. 





<iframe class="embedv" width="620" height="415" src="http://ift.tt/2kgRCLe; frameborder="0" scrolling="no" allowfullscreen></iframe>
Baca Berita Asal
Sehatkah Mengonsumsi Makanan yang Sama Setiap Hari?
Rona Kehidupan

Bagikan Berita Ini

0 Response to "Sehatkah Mengonsumsi Makanan yang Sama Setiap Hari?"

Post a Comment

Powered by Blogger.