Search This Blog

Peristiwa Langka Kulminasi Matahari di Pontianak pada 21-23 Maret 2017

Metrotvnews.com, Pontianak: Fenomena alam yang menarik bakal terjadi di Pontianak, Kalimantan Barat, 21 - 23 Maret 2017. Kulminasi Matahari yang merupakan salah satu peristiwa langka di Tugu Khatulistiwa Pontianak tepat pukul 11.38 WIB. Ini mirip GMT –Gerhana Matahari Total—lalu, yang hanya terjadi di beberapa tempat dan terbatas waktunya.

”Ini bisa menjadi momentum Pariwisata yang hebat. Kami akan promosikan agar menghadirkan wisatawan di Pontianak. Karena Pontianak dilintasi garis matahari, pada 0 detik, 0 menit, dan 0 derajat. Dalam satu tahun peristiwa ini hanya terjadi dua kali yakni pada 21-23 Maret dan 21-23 September. Anda ingin tahu? Silakan mengunjungi Kota Khatulistiwa,” ujar Kepala Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Kota Pontianak, Hilfira Hamid.

Menpar Arief Yahya menyebut, fenomena alam yang langka itu idealnya dipromosikan jauh-jauh hari, karena wisatawan yang tertarik dengan peristiwa seperti ini biasanya berbasis kampus. Mahasiswa, dosen, peneliti, dan ilmuwan yang ingin mengabadikan peristiwa itu. “Dan mereka selalu merencanakan lebih lama, meskipun waktunya sangat pendek," kata Arief Yahya.

Dia mencontohkan GMT yang dipuji di banyak Negara karena promosinya yang menggoda. Lalu dibuat berbagai event di 12 kota yang dilintasi peristiwa GMT itu. Hasilnya, penginapan dan akses pesawat menuju ke lokasi 12 kota itu benar-benar penuh.

Menurut Ikhsan, selain memamerkan semua agenda di destinasi prioritas tersebut, pihak Candi Borobudur juga akan bertemu dengan beberapa tokoh agama yang ada di Thailand terkait dengan kedatangannya ke Borobudur. 

"Karena secara religi, kaitannya sangat kental destinasi kami ini dengan Thailand. Kami sudah mempersiapkan 25 event itu untuk menjaga konsistensi kedatangan ke Borobudur," ujarnya.
Baca Berita Asal
Peristiwa Langka Kulminasi Matahari di Pontianak pada 21-23 Maret 2017
Rona Kehidupan

Bagikan Berita Ini

0 Response to "Peristiwa Langka Kulminasi Matahari di Pontianak pada 21-23 Maret 2017"

Post a Comment

Powered by Blogger.