Search This Blog

8 Kebiasaan yang Tanpa Disadari Memicu Kerusakan Gigi

Metrotvnews.com, Jakarta: Sebenarnya tak sulit mendapatkan gigi putih bersih. Namun, terkadang ada kebiasaan yang salah, yang membuat gigi menjadi cepat rusak dan kehilangan kilau alaminya.

Berikut kesalahan yang tanpa disadari dapat merusak gigi seperti dilansirt Times of India.

1. Tidak menggunakan benang gigi

Menggunakan benang gigi sebenarnya sudah menjadi kebiasaan yang cukup populer. Sayangnya, banyak orang malas melakukannya. Membersihkan gigi dengan benang bertujuan menghilangkan plak yang menempel di antara gigi, dan menghilangkan bekas makanan yang menempel. guna mencegah gigi berlubang.

2. Menggunakan sikat lama

Ingatkah Anda kapan terakhir mengganti sikat gigi? Pastikan Anda tidak menggunakan sikat gigi lama. Sebab, di sana terdapat banyak bakteri berbahaya yang berpotensi menimbulkan infeksi. Untuk urusan ini, bahkan disarankan untuk mengganti sikat gigi setelah Anda mengalami masuk angin. Selain itu, sikat gigi yang sudah lama ini tidak lagi efektif, karena kemampuan bulu sikatnya untuk mengusir kotoran semakin lama, makin menurun.

3. Menyikat gigi terlalu keras

Anda mungkin berpikir bahwa menyikat gigi terlalu keras dapat menghilangkan bakteri dan sisa makanan. Faktanya, kebiasaan ini  justru menyakiti gusi dan enamel. Hal ini juga akan membuat gusi dan akar gigi sensitif.

4. Menyikat gigi setelah makan

Kalau Anda sering menyikat gigi tepat setelah makan, sebaiknya kebiasaan ini mulai ditinggalkan. Mengapa demikian? Kebiasaan ini juga memicu asam pada gigi, yang dapat mengikis enamel. Alangkah baiknya menunggu 30 menit setelah makan untuk sikat gigi.

5. Makan terlalu banyak gula

Gula adalah salah satu penyebab terbesar rusaknya gigi dan gusi. Mengonsumsi makanan mengandung gula secara berlebihan dapat menyebabkan bakteri yang menghasilkan asam. Bila asam tersebut terlalu lama berada di mulut, maka akan menyerang enamel dan mulut Anda.

6. Tembakau

Temabakau adalah salah satu penyebab kerusakan gigi. Mengunyah tembakau, sebenarnya lebih buruk dari merokok. Jika dilakukan terus-menerus, dapat memperlambat suplai darah ke gusi, bahkan bisa mengakibatkan kanker mulut.

7. Es

Pada saat cuaca panas, banyak orang yang berusaha meredamnya dengan mengunyah es, tanpa tahu bisa berakibat merusak gigi. Es dapat menyebabkan keausan enamel dan juga gigi. Terlebih lagi suhu dingin juga tidak baik untuk kesehatan mulut.

8. Membuka bingkisan & botol dengan gigi

Anda mungkin pernah melakukannya, yakni membuka sesuatu atah bahkan botol minuman dengan gigi. Hal ini sangat berbahaya bagi kesehatan gigi dan gusi. Perlu disadari, gigi sepatutnya digunakan untuk mengunyah makanan, bukan sebagai alat.
Baca Berita Asal
8 Kebiasaan yang Tanpa Disadari Memicu Kerusakan Gigi
Rona Kehidupan

Bagikan Berita Ini

0 Response to "8 Kebiasaan yang Tanpa Disadari Memicu Kerusakan Gigi"

Post a Comment

Powered by Blogger.