Search This Blog

5 Tanda Kanker Serviks yang Harus Diketahui Wanita

Metrotvnews.com, Jakarta: Kebanyakan penderita kanker serviks tidak mengalami gejala signifikan. Menurut Matthew Anderson, asisten profesor kebidanan dan ginekologi di Baylor College of Medicine, pada tahap awal kanker serviks tidak benar-benar ada gejala.

Karenanya, itulah mengapa banyak anjuran yang merekomendasikan semua wanita untuk menjalani tes papsmear rutin sejak usia 21 atau aktif berhubungan seksual.

Jika hasil dari tes papsmear muncul sel yang tidak normal yang juga sering disebut pra kanker, atau adanya gejala lain dari penyakit ini, pengobatan biasanya melibatkan histerektomi.

Di lain sisi, jika Anda menyadari adanya gejala, kanker mungkin sudah dalam tahap yang semakin berkembang. Pengobatannya akan lebih kompleks seperti radiasi atau kemoterapi.

Ini adalah beberapa gejala atau tanda kanker servik yang harus diwaspadai para wanita.



1. Pendarahan abnormal
Pendarahan bagian vagina yan tidak biasa adalah gejala yang sangat berkaitan dengan kanker serviks. Pendarahan bisa terjadi setelah berhubungan seksual atau antara periode haid.

Biasanya darah yang keluar lebih banyak dibanding saat haid atau setelah menopause yang juga bisa jadi tanda potensial kanker serviks.

2. Nyeri panggul
Seiring dengan pendarahan abnormal, nyeri panggul bisa jadi tanda kanker serviks.

Menurut Joshua Cohen, ahli onkologi ginekologi di UCLA, rasa sakit yang dirasakan bisa menyebar atau muncul di setiap area panggul.

Ini juga bisa berkisar dari rasa sakit yang tajam saat nyeri. Nyeri saat berhubungan seks atau buang air kecil juga bisa jadi tanda atau peringatan untuk Anda.

(Baca juga: Mengenal Gejala Kanker Serviks)

3. Keputihan yang aneh
Cairan yang keruh, bau busuk dan berair yang keluar dari vagina bisa jadi tanda kanker serviks. Tentu, ada banyak penyebab keputihan abnormal yang tidak berhubungan dengan kanker. Namun, usahakan untuk temui dokter segera.

4. Kelelahan
Kanker serviks bisa membuat Anda merasa kelelahan atau lesu. Memang, ini bukan gejala utama kanker serviks, tapi seringkali ini dialami oleh penderita kanker serviks.

5. Perubahan buang air
Sering buang air kecil atau besar bisa jadi berkaitan dengan kanker serviks. Begitu pun dengan perubahan kualitas kotoran Anda. Jika perubahan ini terjadi dan Anda merasa semakin buruk, segera pergi ke dokter.

Perokok dan mantan perokok pasti sudah mengetahui kebiasaan mengisap tembakau bisa meningkatkan dua kali lipat risiko kanker serviks. Semua gejala tersebut paling mungkin akan muncul pada wanita di usia 30 hingga 50 tahun. 

Kabar baiknya, vaksin untuk melindungi wanita dari human papillomavirus (HPV), jenis umum dari infeksi penyebab kanker serviks, dapat Anda lakukan. Semakin banyak wanita muda yang melakukan vaksin, penderita kanker serviks dapat menurun.



<iframe class="embedv" width="620" height="415" src="http://ift.tt/2m0hPhI; frameborder="0" scrolling="no" allowfullscreen></iframe>

Baca Berita Asal
5 Tanda Kanker Serviks yang Harus Diketahui Wanita
Rona Kehidupan

Bagikan Berita Ini

0 Response to "5 Tanda Kanker Serviks yang Harus Diketahui Wanita"

Post a Comment

Powered by Blogger.