Search This Blog

Pentingnya USG Sebelum Usia Kehamilan 13 Minggu

Metrotvnews.com, Jakarta: Pemeriksaan berkala di masa kehamilan merupakan hal penting. Selain untuk memperkirakan waktu kelahiran kelak, itu dapat mengetahui faktor risiko gangguan kesehatan dan kelainan yang mungkin dialami ibu ataupun bayi dalam kandungan.

"Pemeriksaan screening lewat USG (ultrasonografi) di usia kehamilan 11-13 minggu harus dilakukan," ujar dokter spesialis kebidanan dan kandungan Rumah Sakit Ibu dan Anak (RSIA) Bunda, Jakarta, Aditya Kusuma saat ditemui pada Senin (18/7).

Tujuannya, lanjut Aditya, agar bisa dilakukan penanganan yang tepat bila ada gangguan kesehatan tertentu sebelum terlambat. Dikatakan Aditya, penanganan ibu dengan risiko kehamilan tinggi yang dilakukan selepas usia kandungan 16 minggu tidak akan memberikan pengaruh signifikan.

Sayangnya, masyarakat cenderung baru melakukan screening USG pada usia kehamilan 20 minggu.

"Padahal, jika mengacu pada penelitian, upaya yang dilakukan selepas 16 minggu, baik penyuntikan vitamin C, maupun pemberian antioksidan sebagai pencegahan tidak akan berpengaruh," imbuh Aditya yang juga pakar penanganan kehamilan berisiko tinggi itu.

Selain screening dengan USG, Aditya menganjurkan agar dilakukan serangkaian tes darah pada ibu hamil saat pemeriksaan tersebut. Tujuannya untuk juga mendeteksi risiko gangguan kesehatan pada ibu hamil yang bisa mengakibatkan anak lahir tidak normal.

Dengan perpaduan hasil screening USG dan tes darah tersebut, tindakan pencegahan dapat dilakukan secara lebih komprehensif.

"Di antaranya dengan mengawal masa kehamilan. Itulah yang kami lakukan di unit High Risk Clynic ini," imbuh dia.

Menurut Aditya, langkah memadukan hasil tes darah dan pemeriksaan USG sudah menjadi standar yang diterapkan di negara-negara maju. Namun, di Indonesia, kadang kedua hal itu tidak dilakukan secara bersamaan.

Akibatnya, ada risiko-risiko yang terlewatkan, tidak diketahui dan tidak diantisipasi. (Ric/H-3 )
Baca Berita Asal
Pentingnya USG Sebelum Usia Kehamilan 13 Minggu
Rona Kehidupan

Bagikan Berita Ini

0 Response to "Pentingnya USG Sebelum Usia Kehamilan 13 Minggu"

Post a Comment

Powered by Blogger.