Search This Blog

Hati-hati Terpapar Racun Rokok Lewat Third-Hand Smoke

Metrotvnews.com, Jakarta: Ancaman bahaya nikotin bagi kesehatan tak hanya menghantui perokok aktif dan perokok pasif, tetapi juga mereka yang terpapar lewat Third-Hand Smoke (THS).

THS merupakan istilah untuk mendeskripsikan residu rokok yang menempel pada barang-barang di sekitar perokok, seperti baju, kursi, meja, dan lain sebagainya.

Ini artinya, racun rokok ada di mana-mana, tak selalu berwujud kepulan asap.


Bayi dan anak-anak paling berisiko terpapar THS. Sebab, mereka masih memiliki kekebalan tubuh rendah. Pada bayi, efeknya 20 kali lebih berat dibandingkan jika orang dewasa terpapar residu nikotin.

Dr Tan Shot Yen, dalam program Selamat Pagi, Indonesia, mengupas secara mendalam mengenai Third-Hand Smoke.

Tan mengenalogikan, perokok layaknya bom atom yang membawa segala residu rokok, dan mengancam orang-orang di sekelilingnya.

"Kalau dia merokok, sekalipun merokoknya di kebun, lalu dia pulang ke rumah, dia tetap membawa banyak racun. Pada baju, bibir, gigi, tangan, pada semua bagian tubuhnya," kata Dr Tan.

"Jika setelah itu dia memegang mainan anaknya, maka mainan anaknya akan terkena residu. Apalagi kalau dia menggendong anaknya, itu sama saja merokok di depan anak," jelasnya.

Residu rokok menjadi penyebab timbulnya penyakit berbahaya di dalam tubuh, seperti kanker, gangguan pernapasan, infertilitas (gangguan kesuburan), dan lain sebagainya.

Bukan tanpa alasan, ujar Tan. Satu batang rokok, mengandung 599 racun perusak tubuh.

Pada anak-anak, paparan residu rokok dapat memicu sikap hiperaktif, dan menurunnya kemampuan belajar.


"Karena paparan itu tak hanya mengenai tangan atau hidung mereka, tetapi juga susunan saraf sehingga perkembangannya menjadi kurang baik. Nah, kalau anak-anak prestasinya turun, coba orang tua koreksi diri sendiri, apakah si anak tinggal di lingkungan perokok? Ayah dan ibunya merokok atau tidak?," cetus Dr Tan.


Bisakah Residu Rokok Hilang?

Masalah rokok di Indonesia sudah sampai pada tahap serius, dan bukan hanya mengancam perokok, tetapi juga mereka yang tidak merokok.

Jadi, pastikan  perokok membersihkan dirinya setelah merokok agar tidak memberi dampak berbahaya kepada orang lain.

"Pastikan Anda mandi setelah merokok. Jika Anda merokok 10 kali sehari, maka Anda juga harus mandi 10 kali. Ganti semua pakaian sebelum bersinggungan dengan keluarga," kata Dr Tan, memberi penekanan.

Meski demikian, tidak merokok tetap menjadi pilihan yang lebih baik.


"Kalau Anda sayang keluarga, kenapa harus mengorbankan mereka hanya demi rokok?," kata Dr Tan.
Baca Berita Asal
Hati-hati Terpapar Racun Rokok Lewat Third-Hand Smoke
Rona Kehidupan

Bagikan Berita Ini

0 Response to "Hati-hati Terpapar Racun Rokok Lewat Third-Hand Smoke"

Post a Comment

Powered by Blogger.