Search This Blog

Bayi Prematur Lebih Pintar Bila Diberi ASI Eksklusif Sebulan Pertama

Metrotvnews.com, Jakarta: Sebuah penelitian mengungkapkan bahwa bayi prematur yang diberi ASI selama sebulan pertama memiliki IQ yang lebih tinggi kelak.

Bayi tersebut ternyata memiliki volume yang lebih besar pada daerah otak tertentu yang membuat anak nantinya memiliki IQ, prestasi akademik, memori, dan fungsi motorik yang lebih baik.

Penelitian yang diterbitkan dalam The Journal of Pediatrics tersebut melibatkan 180 bayi prematur dari lahir sampai mereka berusia tujuh tahun. Mereka mengidentifikasi bayi yang telah menerima ASI lebih dari 50 persen dari asupan gizi mereka dari lahir sampai 28 hari kehidupan.

Informasi ini kemudian menjadi referensi sekilas yang berhubungan dengan data yang terkait dengan volume otak daerah yang diukur dengan MRI scan pada usia setara jangka setiap bayi dan dilakukan lagi di usia tujuh tahun. Mereka melakukan analisis lebih lanjut pada kemampuan kognitif, termasuk IQ, membaca, matematika, perhatian, memori kerja, bahasa dan persepsi visual.

Saat berusia tujuh tahun, mereka menunjukkan performa yang lebih baik dalam tes kognitif, memiliki ingatan yang lebih baik, IQ yang lebih tinggi dan pemahaman yang lebih besar dari matematika.

Para peneliti menambahkan bahwa faktor lain mungkin terlibat, termasuk isu-isu sosial dan lingkungan yang mungkin tidak diidentifikasi dalam studi. Sementara penelitian difokuskan pada bayi prematur, tidak diketahui bagaimana tepatnya hasil bisa berdampak pada atau berhubungan dengan bayi lainnya.

"Banyak ibu bayi prematur mengalami kesulitan memberikan ASI untuk bayi mereka, dan kami harus bekerja keras untuk memastikan bahwa ibu-ibu ini memiliki sistem yang mungkin dukungan terbaik di tempat untuk memaksimalkan kemampuan mereka untuk memenuhi tujuan makan mereka sendiri. Ini juga penting untuk dicatat bahwa ada begitu banyak faktor yang mempengaruhi perkembangan bayi, dengan ASI menjadi hanya satu. " ujar peneliti MAndy Brown Belfort.

Dia mendukung rekomendasi tersebut untuk menggunakan susu ibu guna memberi makan bayi prematur selama unit perawatan intensif (NICU) di rumah sakit. Hal ini tidak hanya penting bagi ibu, tetapi juga untuk rumah sakit,  teman-teman dan anggota keluarga sehingga mereka dapat memberikan dukungan yang dibutuhkan selama ini ketika ibu berada di bawah stres dan bekerja keras untuk menghasilkan susu untuk bayi mereka.
Baca Berita Asal
Bayi Prematur Lebih Pintar Bila Diberi ASI Eksklusif Sebulan Pertama
Rona Kehidupan

Bagikan Berita Ini

0 Response to "Bayi Prematur Lebih Pintar Bila Diberi ASI Eksklusif Sebulan Pertama"

Post a Comment

Powered by Blogger.