Search This Blog

6 Tanda Gangguan Reproduksi pada Perempuan dan Laki-laki

Metrotvnews.com, Jakarta: Sekitar 1 dari 8 pasangan mengalami kesulitan memiliki anak. Padahal, mereka memiliki kualitas hubungan seks yang baik selama 6 bulan hingga 1 tahun belakangan.

Sulitnya memiliki anak bisa menjadi sinyal adanya gangguan infertilitas atau reproduksi. Hal ini bisa terjadi pada perempuan maupun laki-laki.

Bagaimana cara mendeteksinya? Ada enam tanda sebagaimana dikutip Foxnews.

1. Menstruasi tidak teratur

Siklus menstruasi sangat berkaitan dengan kesehatan reproduksi perempuan. Normal tidaknya siklus menstruasi dihitung setelah hari terakhir menstruasi sampai Anda mendapatkan menstruasi berikutnya.

Siklus menstruasi akan menunjukkan, apakah Anda memiliki keseimbangan hormon atau tidak. Nantinya, hal ini berpengaruh terhadap proses ovulasi.

"Sebuah siklus menstruasi yang normal berkisar antara 21-35 hari," ujar Dr Kecia Gaither, spesialis Obigyn di Medical Center St Luke, Kansas City.


Kecia menjelaskan, sebagian besar kasus infertilitas disebabkan oleh masalah ovulasi. Perempuan dengan siklus menstruasi tidak teratur, umumnya kesulitan menghasilkan sel telur matang. Hal tersebut menyumbang 30-40 persen kasus infertilitas.

Ovulasi tidak akan terjadi pada siklus menstruasi kurang dari 21 hari. Siklus menstruasi yang pendek biasanya akan terjadi seiring bertambahnya usia, atau dikenal dengan gejala menopause.

2. Mentruasi terasa menyakitkan

Sebanyak 5-10 persen perempuan yang tidak subur mengalami menstruasi yang cukup berat dan menyakitkan. Kemungkinan, hal ini disebabkan oleh endometriosis, kondisi yang berkaitan dengan infertilitas.


Endometriosis merupakan sebuah kondisi di mana tumbuhnya jaringan yang serupa dengan dinding rahim (endometrium), di luar rahim (uterus). Hal ini menimbulkan reaksi peradangan yang lama sehingga menimbulkan jaringan parut.

Pertumbuhan jaringan ini biasanya terbentuk akibat darah haid yang seharusnya keluar, berbalik arah ke organ lain. Endometrium menempel pada bermacam-macam organ, seperti indung telur, saluran pencernaan, saluran kencing, vagina, hingga ke usus.

3. Pertumbuhan rambut di area wajah

Pertumbuhan rambut di area wajah, atau di bagian lain secara berlebihan merupakan indikasi adanya sindrom polikistik ovarium, ketidakseimbangan hormon, dan ini menjadi penyebab ketidaksuburan.

4. Hilangnya gairah seksual

Studi menunjukkan, menurunnya gairah seksual pada pria merupakan salah satu tanda infertilitas.

5. Rambut rontok

Kerontokan rambut berkaitan dengan terganggunya fungsi tiroid, yang kemudian berpengaruh pada ovulasi. Penelitian yang dilakukan Badan Obstetri dan Ginekologi menemukan tanda lain selain kerontokan rambut, di antaranya penurunan berat badan, denyut jantung tidak teratur, dan kelelahan.

6. Kurang vitamin D

Penelitian yang dilakukan Badan Pencegahan dan Penanggulangan Penyakit menyebutkan, kurangnya vitamin D berkaitan dengan infertilitas.

Baca Berita Asal
6 Tanda Gangguan Reproduksi pada Perempuan dan Laki-laki
Rona Kehidupan

Bagikan Berita Ini

0 Response to "6 Tanda Gangguan Reproduksi pada Perempuan dan Laki-laki"

Post a Comment

Powered by Blogger.