Search This Blog

Manfaat ASI Bagi Kehidupan Bayi Prematur

Metrotvnews.com, Jakarta: Manfaat ASI tak perlu diragukan lagi. Sebuah penelitian menemukan, bayi prematur yang diberi ASI pada 28 hari pertama kehidupan mereka ternyata memiliki volume otak yang lebih besar, IQ yang lebih tinggi, dan kemampuan belajar yang baik di sekolah, dibandingkan bayi prematur yang tidak mendapat cukup ASI.

Selain itu, mereka yang mendapat ASI cukup juga memiliki kemampuan motorik yang lebih baik.

Temuan ini merupakan penelitian yang dilakukan Victorian Infant Brain Studies Cohort terhadap 180 bayi prematur yang lahir pada minggu ke-30 pada periode 2001-2003.

Selain memberi ASI cukup, berikut ini tips agar bayi prematur bisa tumbuh menjadi bayi yang sehat.

1. Pastikan bayi selalu hangat

Perawatan kangguru adalah perawatan yang bisa dilakukan kepada bayi prematur dengan cara memeluk bayi. Dalam melakukan perawatan ini, ibu dianjurkan melepas pakaiannya agar kulit bisa menghantarkan panas alami. Selain memberi kehangatan pada bayi, perawatan ini memberi kedekatan emosional pada bayi Anda.

2. Perhatikan posisi tidurnya

Pastikan bayi tidur telentang, tidak miring, atau tengkurap. Pada bayi prematur, sistem pernapasan belum lengkap sehingga salah posisi tidur bisa mengakibatkan masalah.

3. Pastikan lingkungan sekitar bayi sehat

Jika inkubator di tempatkan di rumah, pastikan bayi terbebas dari orang-orang yang sedang sakit. Jangan membawa bayi ke jalanan berdebu, terutama pada dua tahun pertama karena paru-paru mereka belum tumbuh secara sempurna.

4. Vaksin

Orangtua yang memiliki bayi prematur umumnya disarankan melakukan vaksin flu guna menghindari risiko penyakit yang bisa ditularkan kepada bayi. (Medical Daily)
Baca Berita Asal
Manfaat ASI Bagi Kehidupan Bayi Prematur
Rona Kehidupan

Bagikan Berita Ini

0 Response to "Manfaat ASI Bagi Kehidupan Bayi Prematur"

Post a Comment

Powered by Blogger.